Wednesday, 27 January 2010

Lores and Fables: Kobolds

Dunia Taborea penuh dipenuhi oleh banyak cerita, kisah, mitos, legenda, dan lain-lainnya. Mari dengarkan sejarah dunia kita semua ini bersama Tavern Keeper Fosserae. Tenang saja, ditraktir kok. Selasa ini, kita akan bercerita tentang Kobold,ras mungil yang lumayan menyebalkan.


Bila kalian mencoba mencari kata Kobold di Wikipedia versi Indonesia, kalian akan mendapatkan ini:

Kobold adalah makhluk legendaris yang hidup dalam gua-gua atau dunia bawah tanah dalam mitologi Jerman. Kata Kobold dalam bahasa Jerman berarti "jiwa jahat", dan makhluk ini disamakan dengan Goblin dalam cerita rakyat dan dongeng-dongeng Inggris. Kobold merupakan makhluk yang berukuran kecil, menghuni tambang-tambang (karena mengacu pada gua dan dunia bawah tanah), dan Kobold merupakan makhluk yang sejenis dengan Leprechaun atau Gnome.

Kata Kobold sering diterjemahkan sebagai Leprechaun. Menurut kepercayaan, unsur Kobalt berasal dari kata Kobold, dan diyakini merupakan unsur yang diciptakan oleh Kobold dengan mencampur logam dan ramuan sihir yang lain.


Tapi anehnya, kalau kamu mencarinya di Wikipedia versi Inggris:

Kobold adalah roh yang biasanya tidak kelihatan, tapi mampu menjelmah menjadi api, binatang, manusia, atau barang hari-hari. Biasanya Kobold digambarkan sebagai mahluk yang mirip dengan manusia dengan ukuran bagaikan anak kecil. Para Kobold yang tinggal di rumah manusia memakai baju orang desa; yang tinggal di tambang-tambang bungkuk dan buruk rupa; dan yang tinggal di kapal-kapal merokok dan menggunakan baju pelaut.

Gaul juga yah Kobold? Di Runes of Magic, yang kami hadapkan sepertinya versi yang "tinggal di tambang-tambang bungkuk dan buruk rupa".



Yang gambar utama saya gunakan sih ilustrasi gaulnya aja, tapi mirip kan? Itu berarti bahwa konsep Kobold dalam pikiran orang awam yaah tidak terlalu jauh dengan versi RoM.

Di dalam dunia Taborea, Kobold dianggap sebagai roh tanah (Earth Spirit). Mereka tanpa alasan jelas mempunyai ketertarikan kuat akan benda-benda orang lain, dan oleh karena itu cenderung nakal dan (hobi) mencuri. Warga-warga Logar saja pusing karena mereka terus mengambil peralatan para penduduk untuk keperluan mereka sendiri (baca: nyolong).

Semua petualang pasti telah berhadapan dengan seekor Kobold, dan pertama kalinya pasti di daerah Howling Mountains. Para Kobolds disitu semua ada dibawah Anglie dan menuruti setiap perintahnya. Kaum Kobold lah yang membuat Eye of Wisdom ragu akan keberhasilan mereka dalam pembantaian monster yang dilakukan pada masa lalu.

Jika kalian belum tahu, sebelumnya Howling Mountains dipenuhi oleh banyak monster ganas. Tapi setelah ditemukan oleh manusia, 12 tahun yang lalu Eye of Wisdom melakukan penghabisan monster berskala besar demi membuat kota-kota yang aman. Terus kenapa sekarang ada monster lagi? Yah mungkin efeknya sudah mulai pudar, tapi monster yang ada pun tidak terlalu tangguh. Pembantaian yang di susun oleh Eye of Wisdom tersebut dampaknya besar, tapi kenapa para Kobold bisa selamat?

Kaum Kobold di Howling Mountains ternyata berbeda dari yang lainnya, dan mempunyai instict unik. Pada saat mereka merasakan ada bahaya yang akan datang dalam waktu dekat, mereka akan mencari sebuah gua, dan hibernasi. Oleh karena itulah mereka dapat selamat dari pembinasaan Eye of Wisdom dan tinggal di dekat-dekat gua.

Dan.. Sekarang mereka menjadi halangan yang sangat menyebalkan bagi penduduk daerah Howling Mountains. Bayangkan saja, mereka mencuri peliharaan (Porgy), peralatan, persediaan, membunuh beberapa penjaga, dan berencana untuk mengambil daerah Howling Mountains demi memperluas wilayah mereka. Ini semua karena ketua merek, Anglie, yang licik. Saya juga yakin bahwa kalian pernah menghadapi Kobold raksasa ini, karena entah bagaimana, Lola telah berhasil mengumpatkan barang dia di belakang Anglie.

Kobold tidak hanya terdapat di Howling Mountains loh, di daerah lain pun kalian dapat bertemu dengan mereka, misalnya Silverspring. Walaupun kecil, mereka sangat licik dan bahaya, jadi hati-hati yah!


- Fosserae -

1 comment: