Saturday, 16 January 2010

Kenapa Runes of Magic adalah MMORPG paling mantap setelah World of Warcraft

Banyak yang bilang Runes of Magic adalah tiruan MMORPG legendaris World of Warcraft. Tapi apa kalian pernah berpikir kelebihannya dibanding World of Warcraft dan game-game lainnya? Runes of Magic bisa dibilang sebagai salah satu kegemparan paling heboh di dunia game setelah World of Warcraft. Ini adalah terjemahan dari artikel yang dibuat oleh Jeremy S. di blognya. (Kontribusi oleh Lithie)

Sebuah pernyataan yang terlalu berani? Terlalu liar? Jangan terpukul kalau ada saja orang yang bilang perkataan tersebut tidak masuk akal. Kita selalu mendengar banyak pernyataan harian semacamnya, yang akhirnya hanya mengecewakan kita saja. Misalnya, "WoW kalah banget sama XXX!", "Ini game paling mantap dah! Gak ada yang bisa kalahin!", dll. Semua hal-hal seperti ini membuat masyarakat MMORPG letih, tapi jangan lupa bahwa kemungkinan masih ada.


Demikianlah pembukaan saya untuk mencoba membuat anda melihat hal ini dari sisi "objektif", dan buktikan bahwa ini bukanlah pernyataan tanpa arti. Saya akan menggunakan model-model MMORPG yang ada dan juga beberapa penjelasan detil dengan contoh-contoh untuk membuktikan omongan saya.

Saya tidak hanya percaya bahwa Runes of Magic adalah sebuah lompatan evolusioner berikut sejak World of Warcraft pertama menghebohkan dunia game online, saya juga yakin bahwa fakta-fakta dan informasi saya akan mendukung hal ini. Jadi, mari kita lanjut!



Lompatan Evolusioner yang Bagus


Runes of Magic (RoM) adalah MMORPG pertama, sejak World of Warcraft (WoW), untuk melakukan apa yang sedang dilakukannya. Yaitu, mereka telah menciptakan sebuah dunia unik yang luas dengan tangan mereka sendiri, dan mengembangkan bagian-bagian yang terbaik dari beberapa game online paling sukses dalam bisnis tersebut. Ini adalah yang dilakukan oleh WoW. Runewaker (developer RoM) memiliki tim bagus yang terdiri dari penggemar MMORPG, dan melihat bagian-bagian terbaik dari game-game terkenal, seperti EQ2, LotRO, Warhammer, dan WoW. Mereka mengambil semua hal-hal besar yang disukai oleh masyarakat MMORPG jaman sekarang, menggabungkan mereka, membuat beberapa perubahan, menambahkan sistem-sistem unik mereka sendiri, dan membungkus semuanya dalam cerita dunia mereka sendiri. Mereka melakukan ini pada tingkat yang hampir sama dengan Blizzard waktu mereka membuat WoW.




  • Runewaker juga menunjukan kekuatan, keberanian, dan pengambilan resiko ala Blizzard (developer dari WoW) dalam mengambil yang pada saat ini terbaik di kalangan MMORPG, dan memperluasi atau membuatnya lebih baik, lalu "menjualnya" menggunakan model bisnis RMT. (RMT: Real Money Trading; sistem yang biasanya digunakan game Free-To-Play dalam istilah menggunakan uang asli untuk penggunaan dalam game. Gampangnya, Item Shop)



  • Mereka tidak hanya telah berani berlaku seperti yang hanya Blizzard telah lakukan selama ini, tapi mereka juga membuktikan bahwa mereka tidak hanya jiplak, tapi menjadi salah satu pejuang baris depan. Runewaker menunjukkan kegigihan dan keberanian mereka dengan mendifinisikan ulang cara model RMT dapat bekerja dengan baik. Belum ada yang pernah melakukan ini sebelum mereka; membuat sebuah RMT MMORPG yang lebih dekat dalam istilah ukuran dan mekanik game dengan kebanyakan perusahaan yang Pay-to-Play. RoM melewati semua batas normal dan mekanik game play MMORPG RMT (F2P) lainnya.



  • Satu lagi perubahan evolusioner besar adalah implementasi yang lebih fokus kepada "game play horisontal". Dimana inti kebanyakan MMORPG adalah leveling, RoM melakukan banyak patch content yang bisa diakses siapapun tanpa memaksa pemain mereka untuk leveling demi merasakan semua content. Walaupun begitu, mereka juga tetap memperhatikan sistem-sistem favorit kini, seperti Raiding.



Kebanyakan dari ini akhirnya berjerumus kembali ke kategori dasar "pilihan". Dengan design Runewaker yang unik dan cerdas, mereka telah memberi jumlah pilihan yang tidak terhitung kepada pemain mereka, tapi juga tetap mempertahankan dan meningkatkan hal-hal yang telah menjadi favorit dalam dunia MMORPG.


Oleh karena itu, RoM telah menunjukkan tambahan-tambahan evolusioner dan juga revolusioner tidak hanya kepada model bisnis RMT, tapi juga kepada model bisnis Pay-to-Play. Sementara banyak game baru keluar hampir setiap hari dengan sistem-sistem dan pilihan-pilihan hebat, tidak ada yang menyaingi yang ditawarkan oleh RoM (sejak WoW muncul).



Buktinya bisa terlihat jelas


Pada pandangan pertama, RoM bertampak hanya mengambil ide-ide besar dan mencontek mereka, yang akan diterima oleh banyak orang.Tapi sebenarnya, ada jauh lebih banyak, dan perubahan-perubahan kecil ini lah yang membuat perbedaan besar dan akan mempunyai dampak jangka panjang untuk masa depan MMORPG. Tentunya juga akan menunjukkan kehebatan Runewaker.



Item Shop RoM (RMT yang ideal)


ROM tidak hanya memiliki salah satu Item Shop terbaik (diisi hanya dengan barang-barang yang akan meningkatkan kecepatan dimana seorang pemain dapat memperoleh tujuan mereka di dalam game, dan tidak terjual yang tidak bisa didapat oleh pemain murni di dalam game), tapi mereka telah menghubungkannya secara langsung ke game mereka, tidak seperti model RMT MMORPG lainnya jaman sekarang. Mereka dengan keseluruhan menggunakan 4 jenis mata uang:



  1. Diamond

  2. Ruby

  3. Gold

  4. Phirus Token


Melalui beberapa RMT dan mata uang game ini ditambah pilihan kuat untuk memberi setiap pemain kemampuan untuk mendapatkan mata uang tersebut di dalam game melalui ekonomi yang stabil, RoM telah melampaui semua model bisnis RMT sebelumnya. Pemain murni manapun bisa menukar, membeli, atau menjual melalui transaksi one-on-one dengan pemain, Auction House, atau bermain solo untuk mendapatkan setiap jenis mata uang, tanpa pernah sekali pun mengeluarkan kartu kredit dari dompet mereka. Seratus persen dari content RoM diberikan kepada setiap pemain, tidak pandag cara mereka memilih untuk bermain, semuanya tanpa menawarkan kekuatan barang-barang yang imbalanced. Ekonomi kadang berfluktuasi dan sangat drastis kadang, tetapi tidak sampai tingkat ekstrim sampai para pemain bertindak secara resmi karena harga-harga sama sekali tidak terjangkau, apa pun cara anda bermain. Contohnya, beberapa pemain top di server saya sama sekali tidak pernah menghabiskan seperak pun untuk bermain.



Game Play Horisontal


"Horisontal" hanyalah sebuah kata keren untuk menggambarkan content yang memberikan kebebasan. Cara termudah untuk menjelaskan hal ini adalah melalui profesi di RoM. Sambil memegang sistem leveling yang unik, profesi adalah hal yang independen dari level karakter. Anda bebas untuk meningkatkan alchemy, blacksmithing, atau profesi lainnya ke level maksimal tidak bergantung dengan level, apa bila anda level 5 maupun 50. Sistem-sistem lain seperti housing dan mount disediakan tanpa larangan "vertikal". Anda bisa mendapatkan rumah gratis pada level 5 dan sewa seekor kuda dari level 1.


Runewaker tidak hanya telah membangun cara-cara besar untuk menyediakan lebih banyak content game untuk semua pemain, merek juga telah melakukannya pada waktu yang sangat tepat. Direncanakan atau tidak (saya lebih memilih yang pertama), kami sedang berada di sebuah pergeseran evolusioner dalam dunia MMORPG dimana pemain game mulai mengajari cara-cara baru untuk enjoy , dan pada saat yang sama persepsi para pemain mulai berubah dalam cara mereka dapat menikmati MMORPGs. RoM menyediakan cara-cara lama dan baru untuk menikmati sebuah MMORPG, dan ia menjalani evolusi ini dengan baik.



Quests dan World Lore


Pada pandangan pertama, RoM terlihat mempunyai quests yang sama seperti WoW dan Warhammer. Ada world quests dan daily quests. Tetapi ada cara-cara kecil yang RoM gunakan dalam membuat mereka yang menciptakan lebih banyak pilihan dan keseruan bagi pemain.

Satu perbedaan pada daily quests adalah bahwa anda dapat mengumpulkan barang yang diperlukan tanpa terlebih dahulu harus menerima questnya. Ini adalah hal yang sangat besar di dunia MMORPG, baik RMT maupun model P2P. Ini memberikan pemain kebebasan dari kendala dan menyediakan banyak pilih dimana sang pemain bisa melakukan lebih dari satu quest dalam sekali jalan.
Misalnya:


Daily quest Warhammer mengharuskan anda untuk mencari lokasi penerimaan questnya, kemudian kembali ke lokasi di mana anda mendapatkan barang-barang yang diperlukan. Ini cukup baik, tetapi metode RoM menempatkan kekuasaan dan pilihan di tangan para pemain. Sekarang jika Anda lebih suka dunia melakukan world quests atau grinding untuk berbagai drop atau sedang sibuk dalam usaha lainnya dan tidak ingin merasa terpaksa, anda dapat memilih untuk menyimpan barang-barang daily quest tersebut, menjualnya, atau membuangnya. Seseorang mungkin berada pada posisi di mana mereka berencana untuk pergi ke tempat yang dekat bulletin board usai menambang, grinding, atau apa saja di daerah sekitar mereka saat ini, sehingga mereka memutuskan untuk mengambil daily quest, sekalian. Ketika mereka pergi ke kota untuk melakukan tujuan utama mereka, mereka dapat mampir sebentar dan menerima daily quest, dan dapat segera menyelesaikannya. Anda dapat melihat bagaimana pemain diberi kebebasan untuk melakukan apa yang ia mau, kapan saja ia mau, dan masih menyediakan pilihan untuk mengambil atau meninggalkan drop daily quest.

Salah satu aspek dari world (atau general) quests, yang mungkin tidak jelas pada pandangan pertama, adalah seberapa baik mereka telah menyampaikan lore (cerita) dunia RoM secara berterusan, dan terus berkembang.

Ketika saya pertama kali melihat kedalam cerita dunia RoM, saya merasa bahwa banyak yang kurang. Kesannya seperti telah berlebihan generalisasi masa lalu yang setengah unik, berserta juga dengan beberapa deskripsi daerah-daerah yang tidak kalah generik. Setelah berbulan-bulan bermain, saya mulai merasakan betapa hausnya saya akan menyelesaikan semua quest; bukan untuk uang, atau experience, tapi untuk lanjut membacanya.

Sebuah cerita yang sangat rinci mulai terbuka sedikit demi sedikit di hadapan saya melalui semua world quests. Ini dilakukan dengan cara yang seru. Semua 1,200+ world quest RoM patut dibaca. Mereka tidak hanya menambahkan detil kepada sejarah dunia tersebut, tapi juga memberi detil tentang masa kini dan masa depan. Ceritanya dengan cerdik disampaikan melalui quest-quest yang mungkin terkait, atau sama sekali tidak terkait, kepada beberapa dungeons dan instances di seputar dunianya. Dengan berpikir sedikit, kamu bisa dengan gampang menyusun kisah yang sedang terjadi, walaupun mungkin kamu menerima quest secara tidak berurutan. Ada juga "Epic Quests" yang adalah semacam cerita sampingan, yang masih menambahkan detil ke world lore, juga dengan beberapa beberapa barang bagus saat menyelesaikannya. Jika anda berasa bahwa RoM tidak mempunyai world lore yang jelas, maka anda belum membaca quest-questnya.

Quests di RoM direncanakan, dirinci, dan ditulis dengan baik, dan juga tidak melupakan usaha, peran, dan proses pelaksanaan yang harus dilakukan oleh para pemain. Mereka bukan hanyalah sekedar alat untuk mendorong level, tapi semua seperti halaman, atau bab, dari sebuah drama yang ditulis dengan baik. Kelemahan utama adalah peningkatan kepenting dalam penerjemahan. RoM harus diterjemahi ke dalam bahasa Inggris [atau untuk kita, Indonesia], yang tentunya akan membuat beberapa hal-hal dan kepentingan dari quest hilang. Selama mereka dapat menempatkan standar tinggi pada penerjemahan, dan meminimalkan kesalahan, saya akan selalu berasa bahwa quest RoM jauh lebih berarti dari milik WoW atau MMORPG lainnya yang ada.

Banyak pemain yang tentunya tidak baca quests yang ada di RoM, tapi sebenarnya setiap world quest adalah bagian penting dari world lore. Mungkin banyak pemain tidak suka berpikir terlalu keras dan meratapi detil-detil kecilnya, dan lebih memilih untuk mempunyai keseluruhan lore tertulis di website atau cara langsung lainnya, tapi Runewaker telah mengambil pilihan yang ada dan mengambil yang terbaik. Walaupun para pemain yang tertarik dengan world lore mungkin kecewa dengan hal ini karena tidak bisa langsung membaca, tapi Runewaker telah memberikan hidup dan keseruan baru untuk quests dengan menyambungkannya dengan kisah keseluruhannya. Dari banyak pilihan, opsi inilah yang dipilih, dan memberi quests kepentingan yang baru dimana para pemain bisa merasa lebih terserap ke dalam dunia RoM.

Kustomisasi yang tidak tertandingi

Di atas membuat fitur-fitur MMORPG lebih baik, RoM tetap mempunyai content unik mereka sendiri.

  • User Interface
Ketika anda memasuki dunia Taborea untuk pertama kalinya, anda akan disambut dengan user interface yang cukup dasar. Banyak pemain tidak biasa disambut dengan keramahan user interface seperti di RoM, dan mengaggapnya sebagai user interface yang sudah kuno, dan banyak kekurangannya. Tapi, perhatikanlah lebih dekat lagi. RoM menawarkan kustomisasi yang tidak tertandingi di user interface mereka. Anda bisa menambahkan banyak action bar, dan menyusunnya sesuai vertikal, horisontal, atau mungkin kombinasi dari keduanya, dan meletakkannya dimana saja. Dan juga, anda bisa mengganti setiap elemen dari user interface dengan cara yang mirip.

  • AddOns
Kalian yang mengenali AddOns WoW pasti mengenali kata ini, dan artinya memang sama (tapi bedanya, ini untuk RoM). Addons adalah program-program buatan pemain yang bisa mengubah semuanya, dari warna, bentuk, dan ukuran user interface, sampai menambahkan alat-alat seperti kalkulator, fitur tambahan untuk Auction House, dan banyak macros dan scripts untuk meningkatkan permainan anda.

  • Macros dan Scripts

Mungkin sebuah macro (menggabungkan beberapa commands menjadi satu untuk dilaksanakan dengan satu click) sederhana untuk teriak "Ciaaattt!!" saat kamu cast Fireball, atau susunan macros dan scripts yang jauh lebih kompleks, RoM memungkinkan anda untuk melakukannya. Tidak seperti MMORPG model P2P atau RMT yang hanya memungkinkan anda untuk membuat macro text, emoticon, ganti equipment yang sangat sederhana, atau mungkin sama sekali tidak menawarkan fitur pembuatan macro, RoM memungkinkan anda membuat macro dari apa pun. Ingin menggabungkan kombinasi dari skill healing dan offensive sekaligus ke dalam satu macro? Apa anda ingin dapat membuat macro yang bisa menukar senjata 2-hand sword dengan 1-hand sword dan sebuah perisai agar anda bisa cast buff yang diperlukan, lalu menukar kembali ke 2-hand sword anda dan diikuti oleh beberapa skill offensive, semua dalam sekejap mata dan memencet satu macro? Silahkan.

Baik dengan script, macros, AddOns, atau alat-alat in-game yang jumlahnya tidak terhitung,
RoM memberikan pilihan yang hampir tiada batas dalam kustomisasi.

Membawa Kembali Ketakutan akan Kematian

RoM telah menambahkan sistem yang bagus untuk membawa kembali unsur "takut" pada kematian, dengan cara yang tidak menyebalkan secara berlebihan. Kebanyakan MMORPG model RMT mengambil sejumlah persentase dari experience yang didapatkan pada saat anda mati. Walaupun hal ini menambah keinginan untuk tidak mati, tambahan tersebut tidak ideal dan juga menyertai tingkat kesebalan yang sama atau lebih besar yang hanya akan menghilangkan fun dari para pemain.

RoM telah menambahkan "Experience Debt" dimana anda mendapatkan sejumlah persentase sebagai hutang, tergantung dengan level karakter anda. Pada saat kamu mendapatkan debt, anda akan tetap mendapatkan experience, tapi sejumlah persentase dari experience yang didapatkan akan digunakan untuk melunasi hutang experience tersebut.

  • PK (Player Killing) yang Berarti
Ada server PvE (Player vs. Environment) dan PvP (Player vs. Player) yang bisa dipilih pada saat anda mulai bermain RoM. Di server PvP, kepentingan PK telah dirombak. Ada point reputation (reputasi) untuk didapatkan atau dihilangkan yang menghasilkan beberapa kebaikan dan keburukan, dan juga ada tambahan "takut" kehilangan barang-barang yang bukan hanya dibawa di dalam inventory, tapi juga equipment yang sedang digunakan pada waktu terkena PK. Salah satu fitur yang lain adalah tidak adanya faction (faksi) yang terkait dengan PvP. Siapapun bisa saling PK atau terkena PK kapan saja. Sebagai peringan untuk "ketakutan" dan kesebalan, kamu tidak akan mendapatkan experience debt dalam situasi-situasi PK dan situasi yang tidak berhubungan dengan combat lainnya (misalnya: jatuh hingga mati).
Kepentingin elemen "takut" akan kematian dalam MMORPGs telah menjadi perhatian utama di dalam industri tersebut dan juga komunitas-komunitas game. RoM telah menemukan cara baru untuk membawanya kembali dengan kesebalan minimal.

Fitur-fitur Unik yang semua MMORPGs dapat pelajari

  • Tiada lagi "Clones"
Sebuah masalah untuk para karakter pada level apapun di MMORPG lainnya adalah keterbatasannya kustomisasi armor. Hal ini sangat jelas saat mencapai level tertinggi di sebuah MMORPG. Di dalam sebuah game seperti WoW, anda akan menemukan bejibun pemain yang telah berusaha keras demi mencapai level tertinggi dan mendapatkan armor dan senjata terbaik. Tapi, seorang pemain akan sangat kecewa pada saat ia tahu bahwa orang lain yang mempunyai ras yang sama seperti dirinya akan menjadi "clone", dalam maksud penampilannya akan hampir mirip atau sama persis dengan dirinya. Para pemain kehilangan keunikan karakter mereka sendiri, dan akan terlihat seperti pasukan Stormtroopers [nonton Starwars?] kecil dimana tidak ada cara untuk membedakan satu orang dari yang lainnya. Walaupun ada banyak pilihan armor, masalah ini masih bisa terjadi pada level apapun.

RoM memiliki sebuah barang yang dikenal sebagai "Aggregator" dan memungkinkan anda untuk mengambil status yang ada pada satu equipment, lalu mentransfernya ke equipment yang lainnya. Jadi, jika pedang yang paling sakti masih diinginkan untuk kekuatannya, tapi anda menyukai pedang lainnya yang levelnya lebih rendah karena penampilannya keren, kamu bisa menggunakan Aggregator untuk mempunyai penampilan pedang keren tersebut, tapi status pedang yang sakti.

Aggregator bekerja untuk semua armor dan senjata yang bisa terlihat. Penambahan kecil ini membuka potensial yang banyak. Oleh karena itu, para pemain dapat menyombongkan tidak hanya equipment sakti saja, tapi juga yang berpenampilan keren. Ini juga berperan dalam game play horisontal.

Tunggu dulu, masih ada lagi...

RoM juga mempunyai fitur-fitur kustomisasi karakter (dan mount) lainnya yang memungkinkan anda untuk mewarnai bagian-bagian dari armor, dan juga bukan hanya dengan warna yang dasar dan sederhana. Anda dapat menggunakan palet warna besar untuk memilih warna yang diinginkan untuk mount, equipment, atau karakter. Karakter anda dapat menjadi sungguh unik dengan fitur-fitur ini yang memberimu kebebasan memilih dari jutaan warna untuk kulit, rambut, armor, senjata, dan mounts.

  • Menggunakan Runes dalam Runes of Magic
Runes berperan dalam jalan cerita serta mekanik game. RoM menggunakan runes dalam profesi serta peningkatan atribut armor dan senjata. Ada bermacam raga runes didalam dunia RoM, dan kebanyakan dari mereka juga bisa digabungkan untuk membentuk rune yang lebih kuat.
Alat utama untuk penggabungan runes adalah "Arcane Transmutor". Jumlah runes dan barang peningkatan armor dan senjata lainnya yang ditawarkan didalam RoM memberi para pemain banyak hal untuk dilakukan. Arcane Transmutor mungkin akan sedikit membingungkan pada saat pemakaian pertama [Foss baru aja bikin guidenya haha!], tapi dengan sedikit latihan, pemain dapat upgrade barang-barang mereka tidak hanya melalui runes yang bisa dibuat, tapi juga Enhancement Jewels dan tiering.

  • Fusion Stones
Sama seperti MMORPG model P2P lainnya, senjata dan armor mempunyai tiers. Pada saat ditemukan atau dijatuhkan oleh mob, tiers didasarkan dari persyarat level untuk menggunakan equipment tersebut. Melalui epnggunaan Fusion Stones, kamu bisa meningkatkan tier sebuah item, yang kemudian memungkinkan untuk menerima runes yang lebih kuat, dan juga meningkatkan atribut.

  • Disenchanting
Fusion Stones kosong bisa digunakan dalam sebuah proses dimana anda ingin mencabut atribut-atribut tertentu dari sebuah item, lalu menambahkannya ke item lainnya.
Semua pilihan untuk upgrade ini memang cenderung menjerumus ke satu pilihan untuk yang berjiwa kompetitif: "harus punya". Tapi, masih banyak pilihan lainnya berdasarkan jumlah waktu, usaha, dan duit yang diperlukan untuk upgrade, tidak pandang apa bila anda seorang super hardcore gamer, atau super casual player, atau di tengah-tengah.

Tidak ada "Ghost Towns"

Banyak pemanadangan MMORPG dihiasi oleh banyak kota, desa, tenda, beberapa macam pusat kegiatan. Tapi sering kali, anda bisa menemukan perumahan di daerah-daerah jauh dari kota utama, yang akhirnya menjadi "Ghost Town". Selain mungkin ingin mengambil beberapa quest tertentu, tidak ada alasan jelas untuk melakukan perjalanan jauh dari kota utama demi ghost town, dimana tidak ada yang bisa dilakukan, dan tidak ada orang untuk diajak ngobrol. Akhirnya semua pemain hanya berkumpul di satu atau dua tempat di dunia game tersebut, dan kota-kota lainnya ditinggalkan kosong begitu saja.

RoM telah menambahkan, bila dilihat dari beberapa sisi tertentu, fasilitas untuk para pemain di setiap pusat agar ada lebih banyak alasan sosial untuk para pemain bersosialisasi. Hal ini memastikan para pemain bisa bertemu dengan kelompok pemain lainnya pada tiap pusat. Kebanyakan dari pemain ini akan mempunyai level yang sama, dan anda akan lebih cenderung bertemu dengan orang untuk menjalankan instances dan menyelesaikan quests jauh lebih cepat. Ini juga adalah salah satu hal kecil yang membuat perbedaan besar, dan mempunyai dampak yang hebat pada keseluruhan MMORPG.

Tidak pandang kapan anda mulai bermain, atau pada tingkat kecepatan anda leveling atau questing, pada saat kamu sampai ke satu dari kota yang banyak di RoM, kamu akan disambut oleh sebuah komunitas kecil, dan memberi kesan kepada pemain-pemain bahwa dunia ini benar-benar penuh dengan kehidupan dan keseruan.

  • NPCs diantara kita
Banyaknya jumlah NPC (Non-Playable Character), bersama dengan suara-suara orang (suara keramaian yang menyambutmu di kebanyakan kota) memperkuat rasa bahwa dunia RoM sangatlah besar. Semuanya menyatu dengan alur cerita yang dipimpin oleh quests, tempat-tempat crafting, dan fasilitas pemain lainnya.

Quests juga terbuat dari pusat-pusat ini. Tidak ada quest yang akan menyuruhmu untuk membunuh 10 babi liar ditengah entah-dimana yang sama sekali tidak merugikan atau melukai siapapun. Quests, seperti yang sudah saya bilang, membawa sebuah cerita. Ada banyak logika, alasan-alasan yang masuk akal, dan tujuan untuk cara quest tersebut berkerja dan berinteraksi dengan NPC yang tersangkut.

Membuat Standar Peralatan MMORPG lebih Bersahabat

Ketika saya mulai bermain World of Warcraft, saya menyukainya dan takjup dengan apa yang ditawarkan, namun banyak gangguan-gangguan kecil yang menusuk saya beberapa kali pada setiap sesi bermain. Saya pun akhirnya sampai pada titik dimana frustrasi saya rasanya ingin meledak.

RoM menggunakan window-window yang mirip, dan juga alat-alat in-game (seperti MMORPG lainnya), tapi saya merasa frustrasi saya berkurang secara signifikan karena RoM telah membuat peralatannya jauh lebih bersahabat, dan juga memberi saya banyak pilihan.

Bahkan walaupun saya telah memilih untuk memprioritaskan skill dan spells, di WoW, saya merasa ada semacam paksaan, dan saya tidak suka merasa terpaksa. Bagaimana jika saya bosan dan ingin bergabung dengan teman-teman dalam sebuah party, dan membunuh mobs atau PK? Bisa saja, tapi saya benar-benar tidak bisa. Misalnya, teman-teman saya sering berkata bahwa saya kurang kuat karena saya belum mendapatkan class-specific skills. Itu sama saja artinya seperti "Sono balik dan lakukan quests yang diperlukan (baca: terpaksa) di satu-satunya area mereka ada, dan dengan satu-satunya cara untuk mendapatkannya sebelum kembali untuk party dengan kita".

Saya merasa frustrasi dengan betapa sulitnya untuk melakukan sesuata yang sederhana, seperti mendapatkan skills saya, menemukan NPC tertentu, melacak quests, dll..... Saya segera menyadari bahwa sementara WoW masih adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan untuk saya, game tersebut sangat memaksa. Mereka mempunyai banyak syarat yang bertahap dan mengharuskanmu untuk menyelesaikan banyak tugas dalam cara yang sangat spesifik dan dicakup oleh game tersebut, sebelum bisa mendapatkan items, honor, reputation, quests, dll...
Ada juga beberapa gangguan kecil pada saat sekedar membuka quest window dan window tersebut reset, membuat saya harus scroll ulang demi mencari yang saya inginkan, pilihan penyusunan inventory yang terbatas, dan banyak lagi hal-hal yang bikin darah tinggi.

RoM telah menghilangkan perasaan terpaksa dan pilihan terbatas saya secara general. Saya bisa meningkatkan level skills dan spells saya dimanapun hanya dengan persyaratan TP (Talent Points) yang bisa didapatkan dari membunuh... apapun dimanapun. Selain beberapa quest persyaratan untuk memasuki instances tertentu, tidak ada patokan untuk kapan saya bisa mendapatkan sebuah mount, kapan saya bisa pergi ke area-area tertentu, sejauh apa saya bisa meningkatkan profesi saya, dan banyak lagi.

RoM mempunyai interface World Search keren yang memungkinkan anda untuk mengatur banyak settings menurut pilihan anda. Anda dapat mengaktifkan auto-run, pelacak NPC, nyalakan atau matikan segudang labels; nama pemain, nama mob, health bar mob, nama NPC, pop up tool tip, quest log yang lebih sederhana, dan banyak ubahan-ubahan kecil lainnya yang membuat saya main RoM dengan cara yang sama saya bermain WoW, tapi tanpa gangguan-gangguan yang menyebalkan. Tentu, seseorang bisa saja berdebat bahwa semua ini mengambil tantangan atau skill dari gamenya untuk menyalakan pelacak NPC atau auto-run. Yah, jika mereka memang merasa sedimikian rupa, mereka tidak dipaksa, mereka diberi pilihan untuk mematikan fitur-fitur tersebut untuk menjalankan playing style dia.

Penjualan Merchandise Game [RoM Indo sih belum ada ... Soon kali yah? Hehe]

MMORPG model RMT mana lagi mempunyai merchandise lengkap termasuk poster, gelas, mouse pad, kaos, dan lain-lainnya? Beberapa perusahaan RMT lainnya kadang mempunyai event-event dimana para pemain bisa memenangkan merchandise maca ini pada dasar yang eksklusif, tapi untuk RoM, toko mereka selalu siap dan sedia. Sepertinya berdasarkan fakta bahwa Runewaker telah memulai semua penjualan merchandise ini pada tahap awal hidup RoM menambahkan banyak potensial untuk melihat lebih banyak merchandise semacamnya semakin dewasanya industri MMORPG.

Semuanya Menjadi Bukti

Saya rekomendasi semua orang dari umur atau latar belakang MMORPG apaun untuk mencoba Runes of Magic. Anda tidak akan dikecewakan. Walaupun anda belum pernah memainkan game P2P ala barat, atau belum pernah memainkan game RMT Asia, kamu akan menemukan banyak kesenangan di dalam RoM yang maju atas basis kedua model bisnis MMORPG, dan play style dalam banyak cara.

Perubahan-perubahan kecil yang sebenarnya tidak terlalu kecil, dan membuktikan bahwa para developers benar-benar berpikir matang tentang semua keputusan yang telah mereka buat. RoM mempunyai banyak pengubahan kecil, masing-masing membuat perbedaan yang besar, tetapi juga menunjukkan ketrampilan dan bakat untuk ditempatkan di dalam game yang sama dapat membuat sensasi MMORPG yang paling menyenangkan dan seru sejak awal World of Warcraft. Tapi saya juga tidak hanya sekedar membandingkan, karena RoM bahkan telah melampaui masa-masa itu dengan memberi para pemain banyak pilihan dan kemajuan atas mekanik game yang sekarang telah didirikan. Runewaker sedang menjelajahi dan menantang luas daratan yang belum dieksplorasi dalam cara yang sukses dibandingkan dengan Blizzard.
Memang sangat menyombongkan mengatakan semua ini, tapi dengan menelitikan lebih dekat efek-efek besar yang diakibatkan oleh ubahan-ubahan kecil - seperti langsung bisa mendapatkan sebuah mount - mempunyai potensi yang hebat.

Bisa dibilang bahwa RoM telah membuat sebuah dunia tiada batas dan penuh dengan ubahan-ubahan cerdik, menyenangkan, dan juga menambahkan arti baru ke genre MMORPG. Tapi setiap dari perubahan tersebut seperti sebuah kerikil yang dilempar kedalam danau, menciptakan riak yang menyebar dan membuat semua aspek dari RoM jauh lebih baik.

Sepertinya tidak berlebihan bila saya berkata bahwa RoM telah bersembunyi dibawah radar dan menipu kita smua. Mungkin itulah salah satu kelemahan utaman dalam designnya. Design RoM yang jenius, implementasi, dan kemajuan tidak nampak seperti WoW pada saat-saat pertamanya.
Tapi ini menunjukkan bahwa hal-hal yang baik tidak memerlukan promosi yang berlebihan [Setuju! Toh, Avatar?]. Game ini baru berumu satu tahun dan terus membuka server-server baru pada kecepatan yang sadis.

Akankah RoM menjadi WoW killer? Mungkin tidak. Sepertinya mereka tidak akan pernah bisa menjadi perusahaan sebesar Blizzard. Blizzard telah menjadi pengecualian yang besar untuk peraturan dunia MMORPG. Ada terlalu banyak sejarah dalam Blizzard yang tidak hanya menyangkut kualitas game mereka, tapi juga caranya mereka telah berevolusi sebagai sebuah perusahaan. Namun, saya rasa pemain dan perusahaan seluruh dunia sudah mulai memperhatikan kemajuan RoM, game yang mungkin bisa dikenali sebagai yang paling mantap sejak rilis Blizzard di dalam sejarah MMORPG.

Melihat ke belakang, RoM tidak hanya melakukan apa yang telah dilakukan oleh WoW dalam masa membangun MMORPG terbesar berikutnya, tapi juga pada bagaimana perusahaannya berjalan. Runewaker telah berbuat seperti Blizzard dengan mengambil yang terbaik dari fitur-fitur MMORPG yang sudah ada, menggabungkan mereka, dan menambahkan unsur-unsur unik mereka sendiri. Mereka juga menantang lautan-lautan baru sebagai sebuah perusahaan. Mereka sudah melampaui perusahaan RMT lainnya dalam ukuran tenaga kerja, dan berencana untuk membesarkan RoM lebih lagi seiringnya waktu. Runewaker tidak takut dengan menjadi inovator, untuk berjalan diatas perairan baru demi memajukan MMORPGs masa depan dan membuat model bisnis genre tersebut menggunakan lebih baik.

- Lithie -
Apel (Chronicles), Dragonfang server

Artikel ini adalah terjemahan dari blog post Jeremy S.
Untuk melihat artikel Inggrisnya, silahkan klik disini
Bila ada kesalahan, diharapkan kalian meninggalkan
sebuah comment agar bisa dibetulkan.
Terima kasih, Lithie, atas kontribusinya :)

23 comments:

  1. Lith... gak capek tuh nulisnya ??/ lvling2 ^_^

    ReplyDelete
  2. cape setengah mampoooooooooooosssss!!! hahahah! demi rom, apa boleh buaaat ~~~

    sayangnya lagi gk bsa maen rom, laptop ketinggalan drumah tmen TT-TT

    ReplyDelete
  3. yap setuju sama semuanya.

    jarang2 ada MMORPG berkualitas. F2P lagi...

    Keoz, Dragonfang server.

    ReplyDelete
  4. Saya benar" terkesima dengan artikel ini..
    buat saya jd pengen maen ROM terus..


    Starbucks, PvE

    ReplyDelete
  5. mantap.....

    keren !!!!

    tikustanah, varanas server.

    ReplyDelete
  6. Artikel yg KEREN!
    salot buat Jeremy S. dan Lithie :D

    Flutist-kaskus-PvE

    ReplyDelete
  7. gw cm berdoa RoM gak tercemar bot n cheat spt tetangga kita.. soalnya nih game keren abis, sayang kl rusak gara2 cheat!!

    ReplyDelete
  8. huah cape baca nya,..
    lol,..

    naiz artikel,..
    n naiz translator,..

    2jempol bwt rom,..

    ga fanatic ama game ini tp bwt saat ini oke lah,..
    ^^

    Godofdeath
    CnC
    PvP server @idRoM

    ReplyDelete
  9. mantap gan...!!!!

    eghils - Dragonfang server

    ReplyDelete
  10. mantap skale om... btw, saya assasinkilerzz mage lv 11 rogue lv 12 di server PVE lom punya clan, ada yg mw masukin saya ke clan ga?

    ReplyDelete
  11. 2 thumbs for an article .


    regards Iceiceice - Chromatic .

    ReplyDelete
  12. keren uyyy
    dah lama ga maen RoM,,, jd pgn maen lagi d
    thx bwt yg tarnslatenya ^^

    Shirayuki & Hyori @ Dragonfang

    ReplyDelete
  13. makasiih smuanya buat pujiannya >w< .... padahal gw kira translatean gweh ancur hancur hahaa! seneng bsa kontribusi bwat komunitas rom! <3

    ayo dong yang dah lama gk maen rom atau nyaris pensi, maen lageeee!!! =D

    ReplyDelete
  14. nice job lith
    gw pribadi suka ma RoM setelah L2.game yg bole lah buat dimainkan.

    Xiaolungpao CnC @ Dragonfang

    ReplyDelete
  15. apa benar ROM game paling mantap setelah WOW ?

    Coba tengok perkembangan ROM di indo ? banyak yg pensiun dini :) (termasuk saya)

    menaikan level di ROM memang cepat krn banyak questnya, namun ini berlaku hanya untuk job pertama, untuk job kedua, stlh masuk level 30, questnya tidak ada, hanya bisa mengandalkan quest harian.

    Terlalu jauh utk mengatakan ROM game yg hampir setara dengan WOW, sampai saat ini menurut saya hanya RF yang cukup sukses di indonesia, dan mungkin hanya game yg bersifat "rusuh" yang paling mendapatkan hati gamer indonesia.

    Sesuatu yang merupakan hasil suatu jiplakan, selamanya tidak akan pernah sukses setara dengan yg dijiplak, krn memang inilah kenyataan.

    ReplyDelete
  16. @justplayer:

    Tentunya semua orang berpendapat dan mempunyai selera yang berbeda-beda. Post disini hanyalah berdasarkan sudut pandang seseorang. Don't judge, you'll never know :)

    Mungkin emang Indo demennya rusuh-rusuh, tapi siapa tau kultur itu bisa diubah dengan RoM :D


    @Anonymous:

    Wew masa RoM dibandingin sama Allods, secara Allods masi game baru banget hahaha.. Oh and Allods lama banget combatnya!

    ReplyDelete
  17. gak baru2 amat, udah ada dari feb 2009 di russia..
    cepet ah combatnya, benerin dulu status sama gearnya...

    ReplyDelete
  18. Gw suka liat quest nya RoM, gak kaku. NPC bisa tiba2 jadi musuh, ada dialog antar NPC dll. Kekurangan RoM menurut gw karena gak bisa buka toko(RoM jadi kliatan sepi).
    dan yg pasti RoM ada disini dan WoW gak ada ^^

    @justplayer :
    rusuh yg gak perlu tanggung jawab = PENGECUT

    ReplyDelete
  19. @Fosserae
    saya bukan menghakimi ataupun menilainya secara pribadi, justru apa yg saya utarakan berdasarkan pengalaman player2 di guild saya, yg rontok di tengah jalan karena bosan bermain ROM.

    bagi yg baru main mungkin masih berasa fun, tapi yg sudah punya char 1st class level 50, ROM akan terasa sangat membosankan

    @Anonymous
    ini cuma game, gak ada yg pengecut dalam permainan, anda terlalu berlebihan bila menganggap rusuh yg gak perlu tanggung jawab dalam sebuah permainan sebagai pengecut.

    ReplyDelete
  20. @justplayer
    mereka rontok di tengah jalan karena terlalu sering bermain dan terlalu cepat ke lvl 50.. coba anda bermain dengan menikmati RoM.. dengan tidak OL setiap hari... mungkin anda tidak akan merasa cpt bosan karena akan selalu punya target yaitu lvl 50/50

    hal yg kedua yg membuat bosan adalah belum adanya patch baru (lvl 55+ras baru yaitu elf) yg sudah di implementasikan di RoM eropa dan RoM amerika

    mungkin klo RoM indonesia susah sampai patch tersebut anda bersedia kembali ke RoM

    mungkin ini game terbaik ke 3 yg saya mainkan setelah..... (yah saya tidak akan sebutkan gak enak)yg sudah tercemar BOT (2 game) dan 1 lagi sudah tutup karena peminatnya dikit

    mudah2an kedepannya RoM banyak pemainnya

    ReplyDelete
  21. masih ada yg berminat sama ini game ?

    ReplyDelete