Wednesday 20 January 2010

Cara Cepat menjadi Juru Masak Handal di Taborea



Jika berjalan-jalan di kota, pasti akan tercium harumnya masakan. Pernahkah kamu berpikir untuk menjadi seorang Juru Masak? Sediakan makanan untuk teman-temanmu pada saat mereka letih di tengah perjalanan, dan ia akan langsung segar kembali! Di Taborea, keahlian memasak sangat dihargai. Mari kita simak tips dari seorang Juru Masak ahli! (Kontribusi oleh Ridho)


Saya ambil ide ini karena saya adalah pemenang event Master Crafter, dengan keahlian masak di Server PvE Varanas. Saya mau berbagi tips ini untuk para pengunjung Astern yang punya hobby atau berbakat masak, khususnya di dunia Taborea.

Tidak perlu kompor dan alat masak yang mahal untuk bisa menjadi Koki handal di Taborea, cukup meminjam kompor sang penjual bahan masakan di Logar, kamu bisa menjadi Juru Masak yang di cari untuk menjadi bagian dari sebuah Guild. Sebelum mendalami profesi ini, kamu haru tahu terlebih dahulu keuntungan dan kelebihan dari "Tukang Masak" di banding keahlian yang lain. Pada awal saya bergabung di Taborea saya cukup bingung untuk mengambil profesi sampingan apa yang cocok dengan saya. Dalam benak saya saat itu adalah; profesi apa yang kira-kira di butuhkan oleh semua Job di Taborea?. Kalau saya pilih Tailor, tentu para Knight dan Warrior tidak ada yang membutuh kan keahlian saya. Dan jika saya ambil Blacksmith, tentu para class magic tidak membutuhkan saya juga. Lalu tersisa 2 keahlian di benak saya, yaitu Alchemy (Apoteker) Atau Cooking (Juru Masak). Saya telaah fungsi masing-masing profesi. Setelah saya pahami, profesi Juru masak kebanyakan efek dari makanannya adalah menambah kemampuan kita untuk bertarung, baik Magic maupun Fisik. Seperti menambah Magical Attack, Magical Power, Physical Damage, Phsyical Attack, Defend Magic dan Fisik, ataupun efek dari Heal. Kalau Alchemy kebanyakan menambah Jumlah HP atau MP, dan status normal seperti INT, STR, VIT, dll. Selain itu hobby saya adalah makan, supaya lebih semangat Raid dan Quest, saya sangat suka melihat item bergambar makanan, so saya pilihlah Keahlian Masak di Tanah Taborea ini.

Untuk Anda, pilihlah dahulu keahlian yang mau anda seriuskan, biar lebih fokus saran saya cukup satu ke ahlian yang di fokuskan, karena 1 keahlian saja sangat-sangat menyita waktu untuk mengumpulkan semua bahan-bahannya. Tips dan trick saya berikut ini, untuk Anda yang sudah memutuskan menjadi Koki handal di Taborea.

Setelah sesaat anda telah menginjakan kaki pertama kali di Desa Logar, setelah berbasa basi ria dengan pemimpin desa tersebut yaitu Tuan William, sempatkan untuk berkunjung ke sesorang yang bisa mengajarkan anda skill memasak. Dia berada di samping nenek Agnes, ciri khasnya di sampingnya terdapat alat masak standar yang bisa di gunakan untuk memasak. Setelah mendapat keahlian memasak anda yang pertama kali, coba cek skill masak saat itu, masakan yang anda bisa bikin pertama kali adalah Roasted Fish. Bikin nya cukup mudah; hanya butuh 2 Bundle Mountain Demon Grass, yang Mountain Demon Grassnya bisa di dapatkan di sekitar area Logar. Dan untuk bisa menjadi bundle harus di refine 1 tingkat dulu dengan skill Herbalism. 2 lembar Mountain Demon Grass akan menjadi 1 Bundle. Bahan lainnya adalah; 1 batang Ash Timber, yang Ash nya bisa di dapat di sekitar Logar juga, dan juga harus di refine 1 tingkat dengan skill Woodcutting. Masing-masing 2 Ash akan menjadi 1 timber. Terakhir; Jangan lupa Ikannya!, cukup beli saja di asisten guru kita tadi, Dia berada di sebelahnya. Untuk sementara masak ikan ini sebanyak yang kamu bisa, hingga level masak kamu menjadi minimal level 4.

Info tambahan; sebelumnya saya jelaskan, level masak sebelum mencapai level 20, ada 2 tipe jenis masakan untuk setiap level genap. Contoh; pada saat level masak anda level 2, artinya ada 2 jenis resep masakan baru yang bisa anda dapatkan. Yaitu tipe masakan Untuk Raid dan tipe untuk hunting. apa maksud Tipe Hunting dan tipe Raid?. Begini, saat level masak anda level 1, resep makanan yang bisa anda masak saat itu adalah Roasted Fish, efeknya menambah Physical attack power 20 selama 600 detik. Di level 1 itu ada satu resep lagi, yaitu Roasted Salty Fish, efeknya adalah 15% Physical attack Power untuk 600 detik. Kedua resep ini bahannya cukup banyak, makanya saya bedakan makanan untuk raid dan untuk hunt. Efek yg penambahannya dengan satuan persentase itu cocok untuk Raid, bukan untuk hunt. Tapi jika anda sanggup bikin banyak makanan jenis raid untuk hunt anggota guild (jika punya), atau untuk hunt anda sendiri, saya persilahkan, yang artinya bahan yang anda cari jumlah nya akan menjadi lebih banyak. Begitu juga pada level 2 masak, ada 2 tipe resep masakan; yang persentase dan yang jelas point nya. Tentu yang efek persentase bahannya cukup banyak di banding yang efek dengan point jelas, begitu selanjutnya di level-level genap masak Anda. Saat lvl masak anda ganjil tidak ada resep baru yang bisa di dapatkan (kecuali lvl masak anda sudah lvl 20 lebih). Resep makanan tipe Raid kebanyakan di dapat dari Drop Monster.

Saya lanjutkan, setelah anda mencapai lvl 4 (saya rasa cukup mudah jika anda menyisihkan waktu sebentar untuk profesi sampingan anda ini), makanan yang bisa anda masak saat level 4 ini adalah Roasted Meat. Masaklah menggunakan resep ini hingga mencapai level 8. Jika anda terus masak menggunakan resep level 1, maka akan terasa sangat lama untuk naik level masak selanjutnya, karena experience yang di dapat sudah tidak sesuai dengan experience yang di butuh kan. Jika level masak Anda sudah mencapai level 8, artinya resep Salted Fish bisa anda pelajari. Dan jika Salted Fish sudah bisa Anda kuasai, saatnya anda pindah lokasi untuk pencarian bahan-bahan masak anda, yaitu; Betroot dan Willow. Kedua bahan tersebut bisa di dapatkan di lokasi Logar-Varanas. Selanjutnya, terus masak "Ikan Asin" ini cukup sampai level masak Anda mencapai level 10, karena untuk ke level 12 sudah mulai terasa sangat berat. Mulai dari sini, tujuan level masak nya di bagi per level genap. Maksudnya, jika Anda sudah mencapai level 10 masaknya, tujuan berikutnya adalah level 12, dan jika sudah mencapai 12 tujuan berikutnya adalah 14, dan seterusnya. Setiap level genap di peroleh, itu berarti ada resep baru yang bisa Anda pelajari, leveling lah level masak anda dengan resep baru itu. Terus ulangi langkah ini sampai level masak anda level 20.

Saran saya supaya anda tidak jenuh, jadikan profesi sampingan ini hanya untuk menghilangkan jenuh saat Quest dan Hunting, sehingga tidak jadi beban di diri Andanya. Saat Quest, sisihkan waktu sebentar untuk mengumpulkan bahan-bahan masak anda. Jika dalam perjalanan menyelesaikan Quest anda melihat bahan masakan yang bisa di kumpulkan, maka kumpulkan lah. Dengan cara ini, tidak terasa bahan-bahan masak Anda sudah terkumpul cukup banyak.

Tips lain; cari guild yang mau membantu dan menyuplai bahan-bahan masakan anda, terutama Activate Rune nya. Imbal baliknya adalah; masakan yang sudah jadi, bisa menjadi Ransum untuk semua anggota guild. Dengan demikian, Anda akan jadi juru masak andalan di Guild itu.

Jika tanpa guild, masakan yang sudah jadi bisa anda jual di Auction House terdekat. Jangan lupa imbangi level masak Anda dengan level gather lain seperti woodcutting dan herbalist. Dan juga level primary job Anda jangan terbengkalai, karena kalau anda terus fokus ke level masak Anda, Anda akan kesulitan mencari bahan masak level selanjutnya, karena monster di sekitar bahan tersebut lebih tinggi levelnya di banding anda.

Info tambahan; Anda (Player) tidak bisa makan 2 jenis masakan berbeda dalam satu waktu. Jika anda makan makanan jenis "A", saat anda coba makan makanan jenis lain, yang jenis "A" akan tertimpa dengan makanan yang jenis baru. Jadi pikirkan makanan yang efeknya anda butuhkan saat itu.

Tips-tips di atas hanya saran dari saya, yang tidak harus di ikuti sepenuhnya. Karena tips yang bagus adalah; Anda sendiri lah yang menciptakan tips itu, sehingga anda nyaman dan enjoy dalam leveling Keahlian Masak Anda sendiri.


Salam hangat dari saya, Juru Masak Kaskus Guild.


- Ridho -
Ridho (Kaskus), Varanas Server


Terima kasih Ridho untuk kontribusinya :)

3 comments:

  1. Saya sendiri biasanya bawa 2 jenis masakan untuk hunt, dan tidak akan tertimpa efeknya, selama efeknya jenis berbeda, contoh:

    1. [Salted Fish] efeknya menambah serangan fisik 50
    2. [Sour Cheeseball] efeknya menambah pertahanan 20

    karena yang 1 serang dan yang 1 pertahanan, bisa dipakai sekaligus.

    Tapi kalau saya kemudian makan lagi [Roasted Beef] yang efeknya menambah serangan magic.. ini akan menimpa efek [Salted Fish]-nya

    Begitu...

    Flutist - Kaskus - PvE

    ReplyDelete
  2. Oh... klo Effect nya beda, ga bentrok ya? Alias Serangan tidak Bentrok dengan Pertahanan..

    ReplyDelete
  3. Iya, makanya cooking sangat berguna loh :D

    ReplyDelete