Thursday 18 February 2010

OMG II: Round I

Masih ingat OMG II yang lebih menantang! Ada total 3 Round untuk event ini, dan Round 2 kini masih sebuah misteri.. Tapi Round 3 adalah sebuah Jackpot besar yang berhadiah jutaan Rupiah! Let's check out Round 1..


Yarandor dan Berol bingung akan menghadapi kutukan Varanas Nightmare yang merupakan salah satu serangan dari sang Demon Lord. Setelah mendiskusikan hal ini diantara kalangan anggota-anggota penting lainnya, telah diputuskan bahwa diperlukan sebuah pasukan besar yang dapat bekerja sama secara baik. Untuk mendapatkan pasukan tersebut, dibuatlah event OMG II!

OMG II
adalah event besar yang mengundang partisipasi guild-guild dunia Taborea. Saya rasa akan banyak guild besar dan berambisi yang akan ikut, karena pada Round I, sepertinya syarat untuk menangnya masih enteng, dan hadiahnya cukup mantap.


Round I
Ketentuan Menang OMG II Round 1 :
  1. Ketua Guild sudah mendaftarkan guildnya.
  2. Guild member minimal 24 member.
  3. Ketua Guild dan wakil ketua guild minimal level 35.
  4. Guild member minimal level 25 terhitung dari 24 member.
  5. Seluruh Guild member (min 24 member terhitung) pada tanggal 17 Maret 2010 pukul 18.00 WIB diwajibkan online bersama di depan jembatan kota Varanas.

Catatan: 24 member termasuk ketua guild dan wakil guild. [http://romonline.web.id]



Secara, beberapa guild besar akan memenangkan ini secara otomatis tanpa usaha apapun. Gak ada ruginya kan untuk ikut? Ada juga untung hehe. Tapi bagaimana untuk guild-guild kecil? Masa mau bikin character baru dan multi-client untuk hadir di jembatan Varanas? Menurut saya sih, pilihan terbaik adalah untuk mengajak teman-teman kalian untuk bermain RoM untuk event ini. Community Manager RoM sendiri juga mengatakannya kok, jadi mungkin itu adalah tujuan utama Prodigy Infinitech: Membuat RoM lebih ramai dengan event ini.

Ada beberapa pilihan, salah satunya adalah untuk merekrut dan membimbing guild member baru [romindo - Ligagame Forums]

Tapi yah semuanya tergantung caranya para guild mengaturnya. Ini adalah tanggung jawab yang besar untuk ketua guild dan sang wakil.

Lebihnya lagi untuk guild yang berniat untuk menjadi yang terbaik, mereka dapat mengikuti beberapa tantangan Bonus yang ada. Apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan hadiah dari bonus-bonus tersebut? Dapatkan set equipment yang diminta, dan dengan begitu, party/raid yang banyak! Menurut saya sih, ini dilakukan karena Prodigy ingin memperkenalkan sistem yang gamers Indonesia jarang sentuh ini (untuk hadiahnya dan set-set yang diperlukan, kalian bisa melihatnya di website RoM).


Ini adalah kesempatan yang baik untuk menunjukan manalah guild yang benar-benar hebat dan mantap, karena ini bukan sekedar hal kecil, 10 juta loh! Saya akan membahas Round 2 pada saat informasinya telah diperlihatkan :)


Guild mana saja nih yang akan ikut?


- Fosserae -
Read more....

Tuesday 16 February 2010

Mari banding Runes of Magic dengan game Indonesia lainnya

Penasaran kenapa Runes of Magic telah memenangkan banyak penghargaan? Saya baru saja membaca majalah OMEGA terbaru, dan langsung termotifasi untuk membuat artikel ini. Mari kita bahas fitur-fitur Runes of Magic, dan bandingkan dengan game sebelah...


Jika dilihat di website RoM, Runes of Magic telah memenangkan sekitar 12 penghargaan dari tahun 2008, dan sekarang ditambah lagi oleh penghargaan dari majalah OMEGA. Apa sih yang membuat RoM menjadi juara diantara yang lain?

Menurut beberapa sumber, gameplay Runes of Magic sangatlah bagus dan unik dan walaupun sering dibilang jiplakan dari World of Warcraft, kenyataannya adalah bahwa RoM telah menyatukan banyak fitur terkenal dari game-game top lainnya, dan menambahkan unsur unik sendiri (lebih detil tentang ini bisa dilihat pada artikel yang dibuat oleh Jeremy S dan diterjemahi oleh Lithie disini)


Questing
Tiada lagi membunuh ribuan monster tanpa alasan yang jelas kecuali untuk levelling, dan setiap permintaan pasti ada alasan yang masuk akal. Untuk Indonesia, saya rasa RoM adalah game pertama yang mempunyai unsur ini. Mungkin kamu bilang Perfect World juga questing, tapi apa membunuh 200 serigala untuk satu quest masuk akal, dan alasannya hanyalah karena tidak enak dilihat? Di RoM, semua quest mempunyai alasan yang baik dibaliknya, seperti pencemaran air minum atau penjajahan tambang.

Dual Class
Game mana lagi yang mempunyai sistem Dual Class seperti RoM? Yang paling mendekati adalah DOMO, tapi itu juga lebih seperti pergantian class sesuka hati. Di RoM, setiap kombinasi class mempunyai keunggulan sendiri, dan dengan begitu memberi para pemain kesempatan untuk mengembangkan playing style sendiri dan menjadi unik. Dengan total kombinasi 30 class dari 6 class yang ada, pilihan para pemain pun menjadi sangat luas.

Housing
Bosen atau lelah bermain? Kamu bisa beristirahat di rumahmu sendiri, dan mungkin mengajak teman-temanmu berkumpul. Hiasilah rumahmu dengan berbagai furnitur, dan kamu juga bisa mendapatkan bonus experience, atau buat pemain WoW, rested experience. Ada juga bonus lain-lainnya, jadi furnitur tidak hanya untuk kecantikan saja.

Mount
Di Runes of Magic, mount atau tunggangan bisa digunakan dari level 1. Setau saya, tidak ada game lain yang mengijinkan pemainnya untuk menggunakan seekor mount dari pertama kali main. Misalnya, Rohan membutuhkan level 40 (kalau tidak salah?) dan WoW membutuhkan level 30. Memang sih, mount harus disewa kecuali kamu membeli Item Shop, tapi jangan lupa bahwa Diamond juga bisa dibeli dalam gold!

Item Shop Ideal
Coba dibandingkan game F2P Indonesia yang lainnya, RoM tidak memaksa pemain untuk membeli Item Shop, karena Diamonds juga bisa dibeli dengan Gold. Ditambah lagi dengan mata uang Phirius Token yang bisa didapatkan dari mengerjakan daily quest, dan juga Ruby yang adalah bonus dari pembelian Item Shop, Runes of Magic mempunyai sistem Item Shop yang adil, dan para pemain pun dapat bermain tanpa menggunakan uang dan tetap menjadi yang terbaik.

Crafting & Planting
Sistem Crafting di RoM sekarang telah diganti menjadi unik, dan mempunyai kemungkinan untuk kritikal. Menurut saya sendiri sih, Crafting di RoM sangat bagus dan bisa menjadi sumber uang yang baik. Rasanya mantap sekali jika menggunakan equipment hasil crafting sendiri. Begitu juga dengan Planting, yang mempunyai peminat cukup banyak. Setiap hari, bangunlah pagi untuk menyiram tanamanmu!

Battlegrounds
Mungkin Karros Canyon sekarang sepi, tapi potensinya sangat besar. Tidak seperti Rohan yang "Hajar, menang, senang", RoM mempunyai Battlegrounds yang memadukan pertarungan PvP dengan sebuah mini-game. Doain saja deh Prodigy dapat meramaikan Karros, karena ini adalah fitur yang tidak dipunyai oleh game online Indonesia lainnya.

Mini-Games
Sudah mencoba Windrunner Race belum? Saya sarankan kamu mencobanya, karena benar-benar seru! Di Indonesia ada game online racing seperti Crazy Kart, nah di RoM juga ada! Jadi kalau lagi suntuk, bisa tuh main 'Crazy Kart' pakai kuda di RoM :P.

Kustomisasi Penampilan
Untuk kebanyakan pemain (khususnya wanita), mereka mementingkan penampilan dengan sangat amat. Jujur, saya sendiri bisa menghabiskan setengah jam sampai satu jam dalam membuat karakter. Di RoM, kamu dapat mengganti penampilan equipment, warnanya, dan juga warna equipment. Semua karakter dapat menjadi berpenampilan beda, dan dengan gitu sang pemain juga akan merasa lebih menyayangi karakternya. Ambil misalnya Rohan, Atlantica, Lineage, seberapa jauhkah kustomisasi mereka?

AddOns
AddOns adalah hal yang baru bagi industri gaming Indonesia, karena sejauh ini hanya RoM yang mempunyai fitur ini. Dengan AddOns, kamu dapat mengubah User Interface dan menggunakan beberapa peralatan yang dapat membantumu dalam menjaga threat dan semacamnya. Di luar sih, banyak yang membuat AddOns sendiri ... Bagaimana dengan Indonesia kedepannya?

Partying & Raiding
Saya dulu bermain Rohan luar dan sering sekali menghabiskan 6 jam dengan party saya di Rahkon untuk naik satu atau dua level. Yah di Rohan sih walaupun questing, sebenarnya grinding juga. Di situ Dungeon juga harus di grind. Di RoM, semua Dungeon dan Instance mempunyai kisah, dan ada beberapa fitur-fitur yang berbeda pada setiapnya. Kamu bisa saja tiba-tiba bertemu dengan sebuah pintu besar yang menutupi jalanmu... Gimana hayo bukanya?


Publisher
Walaupun Prodigy adalah pendatang baru di industri game online Indonesia, servis yang mereka tawarkan sangat baik dan berkualitas tinggi. Laporan bot pun langsung ditanggapi, dan saran dari pemain diterima. Interaksi antara pemain dan pihak publisher tidak hanya satu arah, tapi dua arah. Prodigy telah makna baru dari menjadi publisher. Saya tidak akan menyebutkan nama publisher lain, karena saya rasa kalian pun tahu.

Walaupun mungkin saya sering membandingkan dengan game-game Lyto, saya tidak bermaksud untuk flame mereka kok. Saya hanya membandingkan RoM dengan beberapa kompetitor utamanya, seperti Lineage, Rohan, Atlantica, dan Perfect World. Semua ini hanyalah pendapat saya, dan mungkin berbeda dengan kalian :). Menurut saya sih, jangan cepat-cepat pensiun atau mencapai level mentok, karena banyak hal yang dapat di eksplorasi di RoM. RoM tidak mendapatkan banyak penghargaan secara cuma-cuma.


- Fosserae -


Maaf jika saya jadi jarang update. Mulai sekarang, saya akan update lebih sering dan Astern akan aktif kembali!
Read more....

Saturday 6 February 2010

Bagaimana Menjadi Knight yang Baik


Apakah artinya menjadi seorang Knight? Mungkin kamu adalah seorang Knight, tapi tidak tahu kemampuan dan potensi yang kalian miliki? Mungkin merasa.. Kalian tidak dapat PvP dengan baik? Ada kebanggaan tersendiri dibalik menjadi seorang Knight, dan kehormatan yang berbeda.. (Kontribusi oleh Vivian)




Kendali Aggro
(atau Bagaimana Menjadi Knight Yang Baik)

Knight memiliki fungsi yang sangat vital dalam party. Saya pernah bertanya kepada seorang teman, mana yang lebih dibutuhkan: Knight atau Priest? Orang tersebut menjawab: sulit menemukan Knight yang dapat menjaga aggro dengan baik. Dalam artikel ini khususnya dijelaskan mengenai aggro saat melawan boss, atau aggro dengan 1 target (lawannya aggro mob).


Penjelasan Aggro/Threat

Pertama-tama untuk para Knight yang harus dimengerti adalah konsep aggro/threat. Saat sebuah party menyerang monster, monster itu akan menyerang anggota party dengan aggro tertinggi. Secara sederhana, aggro yang ditimbulkan seorang anggota party sama dengan damage yang diberikan pada monster yang bersangkutan. Misalnya saja Rogue A memukul 200 damage dan Rogue B memukul 150 damage pada monster yang sama, maka monster tersebut akan menyerang Rogue A karena damage (dan dengan begitu aggronya) lebih tinggi.

Tentu saja pada realitanya tidak sesederhana itu, karena ada hal-hal lain yang menyebabkan aggro. Beberapa skill, yang memang dimaksudkan sebagai penghasil aggro, dapat menimbulkan aggro berkali-kali lipat dari damage yang sebenarnya. Skill Priest, seperti healing dan buff,juga dapat menimbulkan aggro.

Terakhir, aggro berkurang perlahan dengan berlalunya waktu.

Mengapa aggro begitu penting? Karena seorang Knight dalam sebuah party memiliki 2 fungi yang harus bisa ia lakukan dengan baik: menerima damage dari musuh & menjaga aggro. Sangat ironis melihat boss mengejar-ngejar Mage sementara sang Knight mengejar boss tersebut.


Skill Aggro

Secara garis besar, ada beberapa skill knight yang sangat vital untuk aggro.

1. Holy Strike - Skill serangan paling dasar dan paling penting. Meski damage nya terlihat kecil, Holy Strike menghasilkan aggro 5 kali lipat dari damagenya. Ini berarti seandainya knight memakai Holy Strike dengan 100 damage, maka aggro yang dihasilkan adalah 500. Dengan cara ini knight dapat menghasilkan aggro yang lebih besar dibandingkan dengan DPS.


2. Threaten - Skill ini membutuhkan 3 Holy Seal, dan selama 8 detik meningkatkan aggro serangan knight. Pada level 50, aggro knight meningkat menjadi lebih dari 2 kali lipat. Bila dikombinasikan dengan Holy Strike, setiap pukulan memiliki aggro lebih dari 10 kali lipat damage.


3. Hatred Strike - Berfungsi kurang lebih sama seperti Threaten. Hatred Strike tidak sekuat Threaten, namun tidak membutuhkan Holy Seal. Karena cooldown yang cukup lama, Hatred paling baik digunakan di awal tanking.




Skill-skill pendukung lainnya:

1. Mana Return - Semua skill aggro knight membutuhkan mana, karena itu mempertahankan suplai mana secara terus menerus adalah hal yang vital.




2. Holy Seal - Dibutuhkan untuk menaruh 3 Holy Seal agar dapat mengaktifkan Threaten dan Mana Return




3. Whirlwind Shield - Meski tidak sevital skill aggro lainnya, Whirlwind Shield berguna untuk menarik monster-monster kecil yang terkadang dimunculkan oleh boss, dan melindungi anggota party lainnya secara umum. Whirlwind Shield menghasilkan aggro 10 kali dari damage yang sebenarnya.



Skill-skill umum seperti Enhanced Armor tidak dibahas di sini karena artikel ini hanya menyinggung hal-hal yang berkaitan dengan aggro.


Teknik Aggro

Teknik untuk aggro cukup simpel. Pada Knight dengan secondary yang berbeda teknik ini bervariasi dikit, namun intinya tetap sama.

Pada awal pertarungan, aktifkan Holy Seal dan skill-skill pendukung lainnya. Sesaat sebelum pukulan pertama aktifkan Hatred Strike, dan kemudian serang sasaran dengan Holy Strike. Hanya dengan Holy Strike. Lupakan Punishment atau skill-skill damage lainnya karena skill-skill ini tidak menghasilkan aggro. Ingat, salah satu fungsi utama tank adalah menarik perhatian sasaran, dan dalam hal ini Knight harus bisa menjadi mesin penghasil aggro.

Kemudian mulai pertengahan pertarungan, perhatikan Holy Seal. Saat Holy Seal sudah menumpuk 3 pada sasaran, seorang Knight memiliki 2 pilihan. Yang pertama adalah mengaktifkan Threaten, yang semakin memperbesar aggro knight. Yang ke-2 adalah Mana Return, bila Knight merasa membutuhkan lebih banyak mana. Memilih mana yang akan dilakukan, Threaten atau Mana Return, membutuhkan latihan dan pengalaman, serta kemampuan untuk melihat kondisi pertempuran. Bila cooldown Hatred Strike selesai dan mana memungkinkan, gunakan Hatred sebagai alternatif Threaten.

Bila dalam keadaan dimana aggro Knight begitu tinggi dibandingkan aggro para DPS, knight bisa menyelipkan 4 Disarmament.


Teknik Spesifik Secondary

Beberapa tipe knight, tergantung secondary-nya, memiliki cara-cara tersendiri untuk mengendalikan aggro.

Knight/Warrior (KW) - Tipe Knight ini cukup sederhana. Karena menggunakan axe (varian 1H dan 2H), aggronya dasarnya lebih baik dari knight lainnya karena damage dasar dari knight tipe ini lebih besar. Selain itu KW adalah yang terbaik dalam multiple aggro dengan Whirlwind Shield yang lebih bagus. Terakhir, skill Defense Formation memungkinkan KW menahan musuh-musuh yang tidak bisa ditahan knight jenis lainnya.

Knight/Scout (KS) - Tipe Knight ini salah satu yang terbaik dalam aggro 1 target, karena Holy Strikenya berdamage 30% lebih besar daripada Knight lainnya. Penambahan kekuatan Holy Strike secara pasif ini tidak membutuhkan teknik khusus dalam pengaturan aggro.

Knight/Rogue (KR)- Tipe Knight ini juga superior dalam aggro 1 target, tapi dengan cara yang berbeda dari KS, dan lebih cenderung pada endgame. Untuk benar-benar memanfaatkan potensinya, KR harus melepaskan shield dan membawa 2 pedang di tangan. KR menumpuk Holy Seal jauh lebih cepat dari Knight lainnya, dan karena itu unggul dalam ketersediaan mana serta kemampuan untuk melakukan Threaten lebih sering. Selain itu KR memiliki skill-skill yang meningkatkan kritikal Holy Strike. Karena kemampuannya ini, KR luar biasa sebagai off-tank (tank ke-2) dengan karena Holy Seal yang ia tumpuk dapat digunakan oleh main-tank untuk Threaten dan/atau Mana Return.

Knight/Priest (KP) - Tipe Knight ini memiliki damage yang relatif lebih kecil dibanding Knight-Knight lainnya di atas, karena kurangnya skill yang memperbesar aggro. Namun sebagai gantinya, KP memiliki buff khusus yang dapat mengurangi aggro karakter lain. Namun karena buff ini harus dilakukan satu per satu pada setiap karakter, hal ini bisa merepotkan dalam raid.

Knight/Mage (KM) - Knight Mage bisa dibilang yang paling kurang dalam hal aggro, dengan penanganan mana yang lebih baik, tanpa skill-skill khusus yang berkaitan dengan aggro.
Fusion & Equipment

Untuk fusion, Knight sebaiknya menumpuk Stamina dan Strength. Kira-kira 2:1 untuk Stamina:Strength. Strength diperlukan karena bagaimanapun basis dari aggro adalah damage. Seorang Knight yang menggunakan Stamina saja akan membuat DPS tidak dapat melepaskan potensi damage mereka secara total. Padahal sebuah pertempuran yang berlarut-larut akan semakin sulit. Selain itu, Knight harus menemukan senjata yang terbaik dan secepatnya ditier hingga minimal tier 6.

Semoga artikel ini dapat membantu para Knight untuk melaksanakan perannya lebih baik dalam party. So, siapkan senjata, perisai dan jangan lupa gunakan Holy Shield pada saat darurat!


- Vivian -
Dragonfang Server

Terima kasih, Vivian, atas kontribusinya :)
Read more....