Saturday, 6 February 2010

Bagaimana Menjadi Knight yang Baik


Apakah artinya menjadi seorang Knight? Mungkin kamu adalah seorang Knight, tapi tidak tahu kemampuan dan potensi yang kalian miliki? Mungkin merasa.. Kalian tidak dapat PvP dengan baik? Ada kebanggaan tersendiri dibalik menjadi seorang Knight, dan kehormatan yang berbeda.. (Kontribusi oleh Vivian)




Kendali Aggro
(atau Bagaimana Menjadi Knight Yang Baik)

Knight memiliki fungsi yang sangat vital dalam party. Saya pernah bertanya kepada seorang teman, mana yang lebih dibutuhkan: Knight atau Priest? Orang tersebut menjawab: sulit menemukan Knight yang dapat menjaga aggro dengan baik. Dalam artikel ini khususnya dijelaskan mengenai aggro saat melawan boss, atau aggro dengan 1 target (lawannya aggro mob).


Penjelasan Aggro/Threat

Pertama-tama untuk para Knight yang harus dimengerti adalah konsep aggro/threat. Saat sebuah party menyerang monster, monster itu akan menyerang anggota party dengan aggro tertinggi. Secara sederhana, aggro yang ditimbulkan seorang anggota party sama dengan damage yang diberikan pada monster yang bersangkutan. Misalnya saja Rogue A memukul 200 damage dan Rogue B memukul 150 damage pada monster yang sama, maka monster tersebut akan menyerang Rogue A karena damage (dan dengan begitu aggronya) lebih tinggi.

Tentu saja pada realitanya tidak sesederhana itu, karena ada hal-hal lain yang menyebabkan aggro. Beberapa skill, yang memang dimaksudkan sebagai penghasil aggro, dapat menimbulkan aggro berkali-kali lipat dari damage yang sebenarnya. Skill Priest, seperti healing dan buff,juga dapat menimbulkan aggro.

Terakhir, aggro berkurang perlahan dengan berlalunya waktu.

Mengapa aggro begitu penting? Karena seorang Knight dalam sebuah party memiliki 2 fungi yang harus bisa ia lakukan dengan baik: menerima damage dari musuh & menjaga aggro. Sangat ironis melihat boss mengejar-ngejar Mage sementara sang Knight mengejar boss tersebut.


Skill Aggro

Secara garis besar, ada beberapa skill knight yang sangat vital untuk aggro.

1. Holy Strike - Skill serangan paling dasar dan paling penting. Meski damage nya terlihat kecil, Holy Strike menghasilkan aggro 5 kali lipat dari damagenya. Ini berarti seandainya knight memakai Holy Strike dengan 100 damage, maka aggro yang dihasilkan adalah 500. Dengan cara ini knight dapat menghasilkan aggro yang lebih besar dibandingkan dengan DPS.


2. Threaten - Skill ini membutuhkan 3 Holy Seal, dan selama 8 detik meningkatkan aggro serangan knight. Pada level 50, aggro knight meningkat menjadi lebih dari 2 kali lipat. Bila dikombinasikan dengan Holy Strike, setiap pukulan memiliki aggro lebih dari 10 kali lipat damage.


3. Hatred Strike - Berfungsi kurang lebih sama seperti Threaten. Hatred Strike tidak sekuat Threaten, namun tidak membutuhkan Holy Seal. Karena cooldown yang cukup lama, Hatred paling baik digunakan di awal tanking.




Skill-skill pendukung lainnya:

1. Mana Return - Semua skill aggro knight membutuhkan mana, karena itu mempertahankan suplai mana secara terus menerus adalah hal yang vital.




2. Holy Seal - Dibutuhkan untuk menaruh 3 Holy Seal agar dapat mengaktifkan Threaten dan Mana Return




3. Whirlwind Shield - Meski tidak sevital skill aggro lainnya, Whirlwind Shield berguna untuk menarik monster-monster kecil yang terkadang dimunculkan oleh boss, dan melindungi anggota party lainnya secara umum. Whirlwind Shield menghasilkan aggro 10 kali dari damage yang sebenarnya.



Skill-skill umum seperti Enhanced Armor tidak dibahas di sini karena artikel ini hanya menyinggung hal-hal yang berkaitan dengan aggro.


Teknik Aggro

Teknik untuk aggro cukup simpel. Pada Knight dengan secondary yang berbeda teknik ini bervariasi dikit, namun intinya tetap sama.

Pada awal pertarungan, aktifkan Holy Seal dan skill-skill pendukung lainnya. Sesaat sebelum pukulan pertama aktifkan Hatred Strike, dan kemudian serang sasaran dengan Holy Strike. Hanya dengan Holy Strike. Lupakan Punishment atau skill-skill damage lainnya karena skill-skill ini tidak menghasilkan aggro. Ingat, salah satu fungsi utama tank adalah menarik perhatian sasaran, dan dalam hal ini Knight harus bisa menjadi mesin penghasil aggro.

Kemudian mulai pertengahan pertarungan, perhatikan Holy Seal. Saat Holy Seal sudah menumpuk 3 pada sasaran, seorang Knight memiliki 2 pilihan. Yang pertama adalah mengaktifkan Threaten, yang semakin memperbesar aggro knight. Yang ke-2 adalah Mana Return, bila Knight merasa membutuhkan lebih banyak mana. Memilih mana yang akan dilakukan, Threaten atau Mana Return, membutuhkan latihan dan pengalaman, serta kemampuan untuk melihat kondisi pertempuran. Bila cooldown Hatred Strike selesai dan mana memungkinkan, gunakan Hatred sebagai alternatif Threaten.

Bila dalam keadaan dimana aggro Knight begitu tinggi dibandingkan aggro para DPS, knight bisa menyelipkan 4 Disarmament.


Teknik Spesifik Secondary

Beberapa tipe knight, tergantung secondary-nya, memiliki cara-cara tersendiri untuk mengendalikan aggro.

Knight/Warrior (KW) - Tipe Knight ini cukup sederhana. Karena menggunakan axe (varian 1H dan 2H), aggronya dasarnya lebih baik dari knight lainnya karena damage dasar dari knight tipe ini lebih besar. Selain itu KW adalah yang terbaik dalam multiple aggro dengan Whirlwind Shield yang lebih bagus. Terakhir, skill Defense Formation memungkinkan KW menahan musuh-musuh yang tidak bisa ditahan knight jenis lainnya.

Knight/Scout (KS) - Tipe Knight ini salah satu yang terbaik dalam aggro 1 target, karena Holy Strikenya berdamage 30% lebih besar daripada Knight lainnya. Penambahan kekuatan Holy Strike secara pasif ini tidak membutuhkan teknik khusus dalam pengaturan aggro.

Knight/Rogue (KR)- Tipe Knight ini juga superior dalam aggro 1 target, tapi dengan cara yang berbeda dari KS, dan lebih cenderung pada endgame. Untuk benar-benar memanfaatkan potensinya, KR harus melepaskan shield dan membawa 2 pedang di tangan. KR menumpuk Holy Seal jauh lebih cepat dari Knight lainnya, dan karena itu unggul dalam ketersediaan mana serta kemampuan untuk melakukan Threaten lebih sering. Selain itu KR memiliki skill-skill yang meningkatkan kritikal Holy Strike. Karena kemampuannya ini, KR luar biasa sebagai off-tank (tank ke-2) dengan karena Holy Seal yang ia tumpuk dapat digunakan oleh main-tank untuk Threaten dan/atau Mana Return.

Knight/Priest (KP) - Tipe Knight ini memiliki damage yang relatif lebih kecil dibanding Knight-Knight lainnya di atas, karena kurangnya skill yang memperbesar aggro. Namun sebagai gantinya, KP memiliki buff khusus yang dapat mengurangi aggro karakter lain. Namun karena buff ini harus dilakukan satu per satu pada setiap karakter, hal ini bisa merepotkan dalam raid.

Knight/Mage (KM) - Knight Mage bisa dibilang yang paling kurang dalam hal aggro, dengan penanganan mana yang lebih baik, tanpa skill-skill khusus yang berkaitan dengan aggro.
Fusion & Equipment

Untuk fusion, Knight sebaiknya menumpuk Stamina dan Strength. Kira-kira 2:1 untuk Stamina:Strength. Strength diperlukan karena bagaimanapun basis dari aggro adalah damage. Seorang Knight yang menggunakan Stamina saja akan membuat DPS tidak dapat melepaskan potensi damage mereka secara total. Padahal sebuah pertempuran yang berlarut-larut akan semakin sulit. Selain itu, Knight harus menemukan senjata yang terbaik dan secepatnya ditier hingga minimal tier 6.

Semoga artikel ini dapat membantu para Knight untuk melaksanakan perannya lebih baik dalam party. So, siapkan senjata, perisai dan jangan lupa gunakan Holy Shield pada saat darurat!


- Vivian -
Dragonfang Server

Terima kasih, Vivian, atas kontribusinya :)

11 comments:

  1. NICE

    By: Deddybuset (Chromatic)

    ReplyDelete
  2. asik dapat masukan utk KR ku :D
    ternyata ngga salah pilih job ^^
    Thanks, Vivian

    flutist - K/R - Varanas

    ReplyDelete
  3. hmm... bukannya Knight Mage Paling oke buat Bikin Aggro?

    caranya Gini :

    sebelumya pasang dulu, Lighting Armor

    gunakan :

    Threaten atau Hatred Strike, maju lalu gunakan Whirlwind Shield. lalu hit boss dengan tenang... klo ada mob pakai Holy Strike Domain sama Whirwind shield lagi, nah pas udah ketarik agro bakal mukul knight, saat knight dipukul mon2 disinilah gunanya lighting armor sebagai penahan agro... agro akan selalu di knight.. coba aja. gw udah nyoba soalnya.

    ReplyDelete
  4. Nice article! Hope this could be useful for all knights out there in Taborea ^^

    @Rey fyi KM sebenarnya tidak kurang dalam hal aggro dalam hal ini aggro area, walaupun kalah oleh KW tetapi cukup untuk menjaga seluruh party.. tetapi kalau dibandingkan dengan aggro 1 target KM bisa dibilang termasuk yang paling kurang..

    sekedar info untuk menarik aggro kalian dapat menggabungkan Hatred Strike dan Threaten untuk hasil yang lebih maksimal.. setelah mengaktifkan buff di awal pertarungan gunakan Holy Strike seperti biasa sampai kalian menumpuk 3 Holy Seal lalu gunakan Hatred Strike dan Threaten secara bersamaan lalu spam Holy Strike, aggro yg dihasilkan dari penggabungan 2 skill ini akan jauh lebih tinggi dari skill aggro manapun yg sanggup digunakan knight dan tentu saja kalian juga membutuhkan kerjasama para anggota team agar menunggu knight menumpuk aggro sebelum memulai penyerangan ^^

    semoga dapat membantu :P

    ReplyDelete
  5. Nice article, simple dan mudah dimengerti, good work... : )

    @Rey : udah coba nahan threat di bos bos kalin, TT, IDK, dengan hitter" ber dps diatas 3.3k? kalau belum, coba dulu, baru komentar lagi...

    ReplyDelete
  6. hmm... okey nanti dicoba dulu.... nanti gw komentar lagi

    ReplyDelete
  7. jaga treat bkn cmn tanggung jawab knit
    tapi jg tanggung jawab dps di mana mereka bukan harus FULL POWER hit bos saja tapi harus mengkontrol damage mereka biar tidak pindah agro.

    blajar menjadi dps yg baik dan jgn congkak dengan damage sendiri, party wipe mala nyusahin teman kan.

    ReplyDelete
  8. @Jack
    yup saya setuju, yg laen juga harus mengerti peran2 nya, jangan asal maen gebuk entar klo aggro lepas yg di salahin TB nya..@_@

    ReplyDelete
  9. Kk Fosserae, selamat ya menang starter booklet! congratz! Ntw kk, boleh minta kopiannya g? butuh bgt ni kk.

    ReplyDelete