Tuesday, 16 February 2010

Mari banding Runes of Magic dengan game Indonesia lainnya

Penasaran kenapa Runes of Magic telah memenangkan banyak penghargaan? Saya baru saja membaca majalah OMEGA terbaru, dan langsung termotifasi untuk membuat artikel ini. Mari kita bahas fitur-fitur Runes of Magic, dan bandingkan dengan game sebelah...


Jika dilihat di website RoM, Runes of Magic telah memenangkan sekitar 12 penghargaan dari tahun 2008, dan sekarang ditambah lagi oleh penghargaan dari majalah OMEGA. Apa sih yang membuat RoM menjadi juara diantara yang lain?

Menurut beberapa sumber, gameplay Runes of Magic sangatlah bagus dan unik dan walaupun sering dibilang jiplakan dari World of Warcraft, kenyataannya adalah bahwa RoM telah menyatukan banyak fitur terkenal dari game-game top lainnya, dan menambahkan unsur unik sendiri (lebih detil tentang ini bisa dilihat pada artikel yang dibuat oleh Jeremy S dan diterjemahi oleh Lithie disini)


Questing
Tiada lagi membunuh ribuan monster tanpa alasan yang jelas kecuali untuk levelling, dan setiap permintaan pasti ada alasan yang masuk akal. Untuk Indonesia, saya rasa RoM adalah game pertama yang mempunyai unsur ini. Mungkin kamu bilang Perfect World juga questing, tapi apa membunuh 200 serigala untuk satu quest masuk akal, dan alasannya hanyalah karena tidak enak dilihat? Di RoM, semua quest mempunyai alasan yang baik dibaliknya, seperti pencemaran air minum atau penjajahan tambang.

Dual Class
Game mana lagi yang mempunyai sistem Dual Class seperti RoM? Yang paling mendekati adalah DOMO, tapi itu juga lebih seperti pergantian class sesuka hati. Di RoM, setiap kombinasi class mempunyai keunggulan sendiri, dan dengan begitu memberi para pemain kesempatan untuk mengembangkan playing style sendiri dan menjadi unik. Dengan total kombinasi 30 class dari 6 class yang ada, pilihan para pemain pun menjadi sangat luas.

Housing
Bosen atau lelah bermain? Kamu bisa beristirahat di rumahmu sendiri, dan mungkin mengajak teman-temanmu berkumpul. Hiasilah rumahmu dengan berbagai furnitur, dan kamu juga bisa mendapatkan bonus experience, atau buat pemain WoW, rested experience. Ada juga bonus lain-lainnya, jadi furnitur tidak hanya untuk kecantikan saja.

Mount
Di Runes of Magic, mount atau tunggangan bisa digunakan dari level 1. Setau saya, tidak ada game lain yang mengijinkan pemainnya untuk menggunakan seekor mount dari pertama kali main. Misalnya, Rohan membutuhkan level 40 (kalau tidak salah?) dan WoW membutuhkan level 30. Memang sih, mount harus disewa kecuali kamu membeli Item Shop, tapi jangan lupa bahwa Diamond juga bisa dibeli dalam gold!

Item Shop Ideal
Coba dibandingkan game F2P Indonesia yang lainnya, RoM tidak memaksa pemain untuk membeli Item Shop, karena Diamonds juga bisa dibeli dengan Gold. Ditambah lagi dengan mata uang Phirius Token yang bisa didapatkan dari mengerjakan daily quest, dan juga Ruby yang adalah bonus dari pembelian Item Shop, Runes of Magic mempunyai sistem Item Shop yang adil, dan para pemain pun dapat bermain tanpa menggunakan uang dan tetap menjadi yang terbaik.

Crafting & Planting
Sistem Crafting di RoM sekarang telah diganti menjadi unik, dan mempunyai kemungkinan untuk kritikal. Menurut saya sendiri sih, Crafting di RoM sangat bagus dan bisa menjadi sumber uang yang baik. Rasanya mantap sekali jika menggunakan equipment hasil crafting sendiri. Begitu juga dengan Planting, yang mempunyai peminat cukup banyak. Setiap hari, bangunlah pagi untuk menyiram tanamanmu!

Battlegrounds
Mungkin Karros Canyon sekarang sepi, tapi potensinya sangat besar. Tidak seperti Rohan yang "Hajar, menang, senang", RoM mempunyai Battlegrounds yang memadukan pertarungan PvP dengan sebuah mini-game. Doain saja deh Prodigy dapat meramaikan Karros, karena ini adalah fitur yang tidak dipunyai oleh game online Indonesia lainnya.

Mini-Games
Sudah mencoba Windrunner Race belum? Saya sarankan kamu mencobanya, karena benar-benar seru! Di Indonesia ada game online racing seperti Crazy Kart, nah di RoM juga ada! Jadi kalau lagi suntuk, bisa tuh main 'Crazy Kart' pakai kuda di RoM :P.

Kustomisasi Penampilan
Untuk kebanyakan pemain (khususnya wanita), mereka mementingkan penampilan dengan sangat amat. Jujur, saya sendiri bisa menghabiskan setengah jam sampai satu jam dalam membuat karakter. Di RoM, kamu dapat mengganti penampilan equipment, warnanya, dan juga warna equipment. Semua karakter dapat menjadi berpenampilan beda, dan dengan gitu sang pemain juga akan merasa lebih menyayangi karakternya. Ambil misalnya Rohan, Atlantica, Lineage, seberapa jauhkah kustomisasi mereka?

AddOns
AddOns adalah hal yang baru bagi industri gaming Indonesia, karena sejauh ini hanya RoM yang mempunyai fitur ini. Dengan AddOns, kamu dapat mengubah User Interface dan menggunakan beberapa peralatan yang dapat membantumu dalam menjaga threat dan semacamnya. Di luar sih, banyak yang membuat AddOns sendiri ... Bagaimana dengan Indonesia kedepannya?

Partying & Raiding
Saya dulu bermain Rohan luar dan sering sekali menghabiskan 6 jam dengan party saya di Rahkon untuk naik satu atau dua level. Yah di Rohan sih walaupun questing, sebenarnya grinding juga. Di situ Dungeon juga harus di grind. Di RoM, semua Dungeon dan Instance mempunyai kisah, dan ada beberapa fitur-fitur yang berbeda pada setiapnya. Kamu bisa saja tiba-tiba bertemu dengan sebuah pintu besar yang menutupi jalanmu... Gimana hayo bukanya?


Publisher
Walaupun Prodigy adalah pendatang baru di industri game online Indonesia, servis yang mereka tawarkan sangat baik dan berkualitas tinggi. Laporan bot pun langsung ditanggapi, dan saran dari pemain diterima. Interaksi antara pemain dan pihak publisher tidak hanya satu arah, tapi dua arah. Prodigy telah makna baru dari menjadi publisher. Saya tidak akan menyebutkan nama publisher lain, karena saya rasa kalian pun tahu.

Walaupun mungkin saya sering membandingkan dengan game-game Lyto, saya tidak bermaksud untuk flame mereka kok. Saya hanya membandingkan RoM dengan beberapa kompetitor utamanya, seperti Lineage, Rohan, Atlantica, dan Perfect World. Semua ini hanyalah pendapat saya, dan mungkin berbeda dengan kalian :). Menurut saya sih, jangan cepat-cepat pensiun atau mencapai level mentok, karena banyak hal yang dapat di eksplorasi di RoM. RoM tidak mendapatkan banyak penghargaan secara cuma-cuma.


- Fosserae -


Maaf jika saya jadi jarang update. Mulai sekarang, saya akan update lebih sering dan Astern akan aktif kembali!

17 comments:

  1. Woohooo... SEDELAPAN Foss....!!!
    cuman 1 menurut gw yg kurang Guild War and Ally list nya.... >,< semoga ada

    ReplyDelete
  2. NICE artikel.....!!

    Deddybuset

    ReplyDelete
  3. crazy cart naek badak... ck ck ck.. surammm >_<

    Flutist - PvE - Pengendara Badak ^^V

    ReplyDelete
  4. wah mantaf.. nlogQ tdk dipromokan jg nih @_@

    ReplyDelete
  5. gamenya sih sangat seru dan tidak membosankan, selain hunt/grinding kita bisa main2 dirumah, hias2 dll.. tapi binding systemnya mengganggu, masa IM mall punnya item hanya stuck di 1 char.. gimana kalo buat char lain?

    ReplyDelete
  6. iy nih..warnya mana >.<

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. coba ada semacem war...entah guild war ato war apaan gitu...kayak di RF Online misalnya

    jadi mainnya ada "arah"/"target"
    gak cuman "jalanin" aja

    ReplyDelete
  9. bandinginnya jgn rohan melulu donk..
    bandingin dgn game yg masi booming sampai skrg " perfect world"..
    gmn??

    ReplyDelete
  10. war besar2an kyknya bkl ada di ch.3 tunggu aja ^_^

    ReplyDelete
  11. Nice aritikel memang sejatiya pandangan saya juga sama ROM tak terlalu jauh dunia khayalnya dari pada gem lain contoh dekat Perpect world ,. terlalu khayalan ,. terbang2??? mungkin yah memang ada juga tipe orang yang suka game yang punya khayalan gitu,. pi buat q ROM number 1

    keep play kalau ada yang mau ikutin aku guild?? invite yaaa heee

    Skyguard

    ReplyDelete
  12. fitur memang bagus tapi saya terkena efek bosan @.@

    ReplyDelete
  13. kapan update patch untuk GVG ? bosen banget. Server PVP sepi...

    ReplyDelete
  14. komplen kok terus

    ReplyDelete
  15. iya sih, setuju aja agar ada GvG, kalo diliat2 dari game2 sebelumnya. yg buat player tetep bertahan lama adalah system GvGnya. dan kalo menurut saya sih, benernya dibilang sepi game ini juga engga sih ya. karena ga ada pasar aja jadi ga ada tempat kumpul2, paling pada sibuk dirumah, sibuk quest individu aja,... :D

    ReplyDelete
  16. tetap aja bagusan world of warcraft yang dari US n EU

    ReplyDelete
  17. jadi kenapa kalo ROM bagus,skrg malah sepi??,,, LOL

    ReplyDelete