Friday 29 January 2010

Guild Tales: Ultimate, Dragonfang (PvP)

Waktunya untuk Guild Tales dan fokus kepada para Guild.. Tavern Keeper Fosserae akan membawamu info terkini tentang guild, atau mungkin sekedar berbincang dengan Guild Leader atau anggota-anggotanya... Stay tuned, your Guild might be next!


Hari ini, fokus Guild Tales kami adalah Ultimate dari server Dragonfang (PvP). Dengan bantuan Lithie, saya dapat menghubungi Aiden, ketua dari Ultimate.

-------------------------------

Aiden: Pertama-tama, wa mo ucapin terima kasih ma Fosserae dan Lith.. ^_^ Soalnya sudah di ijinin nampang di Astern loh.... Dimana bnyk mata RoManiacs melihat... Hehehe. =P

Gue mo ngenalin guild gue..

Guild Name: Ultimate, Dragonfang (PvP)

Ultimate waktu CBT namanya Ultima..

Ultimate membuat konsep dmn setiap anggota member adalah saudara ^_^. We're brothers and Sisters


Visi & Misi

Visi : Membuat guild yangg kuat dan mengukir sejarah di Taborea XD~
Misi : Menyelesaikan semua Instance, Raid, & memenangkan event-event Online dari GM.. ^_^


Achievements :

Instance/ Dungeon - Forsaken Abey, Mystic Altar, Pasper Sherine, dan Cyclops Lair

Raid - Anselve

Event - Master Crafter (Carpentry) dimenangkan oleh Amalia
Story :

Sedikit cerita tentang jatuh bangunnya Ultimate...
Sebnernya mendirikan sebuah guild sangat gampang... Yang susah adalah mempertahankan eksistensi & loyalitas dari anggota-anggota. Membuat sebuah komunitas yang menyenangkan sangatlah susah.. Mengingat berbagai macam karakter yang ada di guild, Ultimate adalah rumah ke 2 bagi para player. Disini kita bisa menemukan teman baru or "Pacar baru" hehehehe... Yah pokoknya kekompakan para Officer sangat menentukan perkembangan guild tersebut..


Motto: Quantity is Nothing Without Quality



Officers :

  • Aiden
  • Amalia
  • Sapta
  • Dayen
  • Grimreaper
  • Facedog
  • Ramonz


Recruitment:

Untuk saat ini Ultimate sedang mebutuhkan banyak Priest, beberapa Mage & Knight. Persyaratan dapat di lihat di website kami, dan yang untuk ingin bergabung, silahkan hubungi Officers kami...



Schedules:
  • Boss day: Rabu & Sabtu, Start at 8PM
  • Raid day: Kamis & Minggu, After Bossday


Website: http://www.ultimateguild.clan.su/
Facebook: Ultima Facebook Fan Page


Salam RoManiacs ^_^v

-------------------------------

Terima kasih yah, Aiden, untuk bersedia membagi sedikit tentang Ultimate!

Ayo ayo bagi kalian yang ingin bergabung dalam keluarga Ultimate, langsung hubungi Officers mereka segera! :)


- Fosserae -

Read more....

Wednesday 27 January 2010

Update: 27/01/2010

Hari rabu dari jam 9:00 - 12:00 WIB adalah maintenance mingguan Runes of Magic Indonesia. Tavern Keeper Kaylona akan hadir tiap hari rabu untuk mencakup perubahan atau update yang dilakukan pada tiap maintenance mingguan, langsung pada hari itu juga!

Fosserae sudah membuat post tentang patch ini sebelumnya, dan ternyata sekarang patch ini sudah hadir; Chapter 1.5!

Dulu pada Zaman Kuno, ada sebuah kerajaan megah yang bernama Kingdom of Karros. Kerajaan itu dipimpin oleh dua raja: King Ercile sang Azure Moon dan King Delgrad sang Crimson Sun. Namun oleh karena keirian salah satu kerajaan tetangga mereka, Kingdom of Karros jatuh dalam kekacauan dan kehancuran, dan akhirnya terbagi menjadi dua. Perperangan antara Azure Moon dan Crimson Sun dimulai dan diakhiri di Karros Canyon.

Tanah yang dulu sudah terlupakan sekarang ditemukan kembali oleh seorang anggota Eye of Wisdom. Untuk memperingati akan sejarah Kingdom of Karros, Karros Canyon dijadikan tempat untuk membuktikan kekuatan dan ketangguhan.

Sistem Capture the Flag mungkin sudah tidak awam bagi beberapa orang. Kalian akan memperebutkan Rune Stone dan mengumpulkan sebanyak-banyaknya point. Untuk setiap kill dan penyitaan Rune Stone, sisi tersebut akan mendapatkan point. Sisi yang mencapai 3000 point terlebih dahulu akan menang dan mendapatkan 100 Honor, yang jika terkumpul bisa digunakan untuk membeli equipment.



Sisi manakah yang akan kalian perjuangkan? Crimson Sun, atau Azure Moon?


Tapi battlegrounds Karros Canyon hanyalah sebagian dari patch ini. Ruby Shop sudah dihadirkan oleh pihak Prodigy! Ini adalah berita yang baik, karena para shoppers Item Shop akan mendapatkan bonus ekstra untuk setiap pembelian mereka! Jika cukup banyak Ruby sudah terkumpul, kalian bisa menukarkannya untuk barang-barang eksklusif, seperti sayap!

Eits jangan pikir "Wew tidak ada yang menarik di Item Shop", karena sekarang ada 3 Kostum baru, mount badak beragam jenis, bundle, encyclopedia, dan Gacha Box!


Model-model badaknya keren loh, sepertinya RoM Indo mengeluarkan semua jenisnya.


Black Rhinoceros Mount Grassland Rhinoceros Mount White Rhinoceros Mount



Kostum juga! Set Jade Fang, Golden Lion, dan Crimson Nighthawk ...


Nah untuk Bundle, intinya sih hanya paket khusus yang dapat menawarkan keperluan orang-orang pada harga yang lebih murah. Terdapat dua tipe bundle, paket Tempa dan paket PvP. Keduanya menawarkan kegunaan masing-masing.

Encyclopedia adalah buku yang kalian dapat baca di dalam rumah kalian. Makin banyak belajar, makin pinter kan? Begitupun juga di dunia Taborea. Semakin banyaknya kamu membaca Encyclopedia, semakin banyak ilmu yang kamu dapatkan! Ada banyak tipe, yang untuk weapon skill pun ada!

Dan yang terkahir: Gacha Box, atau lebih sering dikenali sebagai Lucky Box. Para pembeli dapat menguji keuntungan mereka dengan kotak tersebut! Ada 4 tipe Gacha, dan mereka semua mempunyai hadiah yang menggiurkan. Berikut adalah jackpot yang bisa didapatkan dari masing-masing Gacha Box:


Gacha Box I - Perfect Star Jewel - Wishes

Gacha Box II - Perfect Sun Jewel - Wishes

Gacha Box II - Perfect Moon Jewel - Wishes

Gacha Box IV - Pegasus Mount (30 Hari)


Dan kejutan yang terakhir! Beberapa hal didalam patch notes yang sangat keren!


  • Count Hibara (Human), Bloody Gallery, telah dipercepat spawn time nya dari 2 jam menjadi 5 menit.
  • Sekarang gathering hanya perlu satu kali klik.
  • Drop rate equipment untuk Boss Bloody Gallery [Count Hibara] telah ditingkatkan.
  • Drop rate equipment Boss Ice Dwarf Vallery [Ayson] telah ditingkatkan.
  • Opsi "Automatic Detail Adjustment", defaultnya dimatikan. Jika opsi ini dinyalakan, pada saat memory sedang berat loading, character akan disembunyikan dan hanya nama yang terlihat.
  • Layanan Styling Shop baru: Body Sculpting, yaitu mengubah bentuk badan character

Selamat menikmati Chapter 1.5 ini pelanggan Aslan Tavern! ~.^


- Kaylona -

Read more....

Lores and Fables: Kobolds

Dunia Taborea penuh dipenuhi oleh banyak cerita, kisah, mitos, legenda, dan lain-lainnya. Mari dengarkan sejarah dunia kita semua ini bersama Tavern Keeper Fosserae. Tenang saja, ditraktir kok. Selasa ini, kita akan bercerita tentang Kobold,ras mungil yang lumayan menyebalkan.


Bila kalian mencoba mencari kata Kobold di Wikipedia versi Indonesia, kalian akan mendapatkan ini:

Kobold adalah makhluk legendaris yang hidup dalam gua-gua atau dunia bawah tanah dalam mitologi Jerman. Kata Kobold dalam bahasa Jerman berarti "jiwa jahat", dan makhluk ini disamakan dengan Goblin dalam cerita rakyat dan dongeng-dongeng Inggris. Kobold merupakan makhluk yang berukuran kecil, menghuni tambang-tambang (karena mengacu pada gua dan dunia bawah tanah), dan Kobold merupakan makhluk yang sejenis dengan Leprechaun atau Gnome.

Kata Kobold sering diterjemahkan sebagai Leprechaun. Menurut kepercayaan, unsur Kobalt berasal dari kata Kobold, dan diyakini merupakan unsur yang diciptakan oleh Kobold dengan mencampur logam dan ramuan sihir yang lain.


Tapi anehnya, kalau kamu mencarinya di Wikipedia versi Inggris:

Kobold adalah roh yang biasanya tidak kelihatan, tapi mampu menjelmah menjadi api, binatang, manusia, atau barang hari-hari. Biasanya Kobold digambarkan sebagai mahluk yang mirip dengan manusia dengan ukuran bagaikan anak kecil. Para Kobold yang tinggal di rumah manusia memakai baju orang desa; yang tinggal di tambang-tambang bungkuk dan buruk rupa; dan yang tinggal di kapal-kapal merokok dan menggunakan baju pelaut.

Gaul juga yah Kobold? Di Runes of Magic, yang kami hadapkan sepertinya versi yang "tinggal di tambang-tambang bungkuk dan buruk rupa".



Yang gambar utama saya gunakan sih ilustrasi gaulnya aja, tapi mirip kan? Itu berarti bahwa konsep Kobold dalam pikiran orang awam yaah tidak terlalu jauh dengan versi RoM.

Di dalam dunia Taborea, Kobold dianggap sebagai roh tanah (Earth Spirit). Mereka tanpa alasan jelas mempunyai ketertarikan kuat akan benda-benda orang lain, dan oleh karena itu cenderung nakal dan (hobi) mencuri. Warga-warga Logar saja pusing karena mereka terus mengambil peralatan para penduduk untuk keperluan mereka sendiri (baca: nyolong).

Semua petualang pasti telah berhadapan dengan seekor Kobold, dan pertama kalinya pasti di daerah Howling Mountains. Para Kobolds disitu semua ada dibawah Anglie dan menuruti setiap perintahnya. Kaum Kobold lah yang membuat Eye of Wisdom ragu akan keberhasilan mereka dalam pembantaian monster yang dilakukan pada masa lalu.

Jika kalian belum tahu, sebelumnya Howling Mountains dipenuhi oleh banyak monster ganas. Tapi setelah ditemukan oleh manusia, 12 tahun yang lalu Eye of Wisdom melakukan penghabisan monster berskala besar demi membuat kota-kota yang aman. Terus kenapa sekarang ada monster lagi? Yah mungkin efeknya sudah mulai pudar, tapi monster yang ada pun tidak terlalu tangguh. Pembantaian yang di susun oleh Eye of Wisdom tersebut dampaknya besar, tapi kenapa para Kobold bisa selamat?

Kaum Kobold di Howling Mountains ternyata berbeda dari yang lainnya, dan mempunyai instict unik. Pada saat mereka merasakan ada bahaya yang akan datang dalam waktu dekat, mereka akan mencari sebuah gua, dan hibernasi. Oleh karena itulah mereka dapat selamat dari pembinasaan Eye of Wisdom dan tinggal di dekat-dekat gua.

Dan.. Sekarang mereka menjadi halangan yang sangat menyebalkan bagi penduduk daerah Howling Mountains. Bayangkan saja, mereka mencuri peliharaan (Porgy), peralatan, persediaan, membunuh beberapa penjaga, dan berencana untuk mengambil daerah Howling Mountains demi memperluas wilayah mereka. Ini semua karena ketua merek, Anglie, yang licik. Saya juga yakin bahwa kalian pernah menghadapi Kobold raksasa ini, karena entah bagaimana, Lola telah berhasil mengumpatkan barang dia di belakang Anglie.

Kobold tidak hanya terdapat di Howling Mountains loh, di daerah lain pun kalian dapat bertemu dengan mereka, misalnya Silverspring. Walaupun kecil, mereka sangat licik dan bahaya, jadi hati-hati yah!


- Fosserae -

Read more....

Tuesday 26 January 2010

The Bar III


Punya pertanyaan? Silahkan e-mail leviron.skye@gmail.com dan Tavern Keeper Leviron akan menjawabnya pada sesi The Bar.



“smoga dikurangi graphicnya.o iya, saya kn mau maen RoM di laptop, tapi katanya, EPU tidak support, mksudnya apa ya ??” -- RyuRyan
EPU itu
Extended Processing Unit. Jika tidak support dan motherboard-mu ASUS, coba deh kamu klik link ini lalu download Engine Utility terbaru. Selamat mencoba.

Read more....

Sunday 24 January 2010

Project Fablescroll

Apa kalian suka Role Playing, atau menulis cerita Fantasy? Nah setelah main RoM, bagaimana tanggapan kalian tentang lore dunia Taborea? Project Fablescroll adalah hal yang patut dibaca!
Pasti ini adalah pertama kalinya kalian semua mendengar tentang Fablescroll. Tentu saja, karena project ini baru saja dibentuk. Fablescroll adalah project untuk mengembangkan lore Runes of Magic. Tapi bukan secara drastis, melainkan membuatnya lebih detil, berbobot, menarik, dan sekaligus nyambung dengan cerita yang sudah ada sekarang.

Rencananya, Fablescroll akan mencakup history dunia Taborea, sampai cerita-cerita dibalik area, monster, boss, dan semacamnya. Ini adalah project yang cukup besar. Kami bertekad melakukan ini karena kami ingin komunitas RoManiacs merasakan dunia Taborea sepenuhnya, seperti yang dilakukan oleh WoW.

Project ini terbuka untuk semua kalangan, internasional maupun Indonesia. Intinya sih, pada saat kami telah membuat lebih baik satu bagian dari lore Taborea, akan kami sampaikan ke pihak publisher dalam bentuk proposal.

Saya sendiri sudah mengajak kerjasama beberapa blogger dan sekaligus Role Player RoM International, seperti Jeremy S dan Spiral. Masih ditunggu kabar mereka untuk project ini.

Tidak diperlukan dedikasi tertentu Fablescroll, kontribusi satu paragraf juga oke :). Asal kita semua have fun dan lakukan yang terbaik demi komunitas RoM. Walaupun belum ditentukan, kemungkinan besar Fablescroll akan menggunakan forum untuk melakukan semuanya, tapi tentunya forum ini akan tertutup dan eksklusif. Sementara sih, ngumpulin orang dulu hehe..

Jika kalian tertarik, e-mail saya ke fosserae@gmail.com dengan nama atau nickname yang ingin kalian gunakan dalam Fablescroll.

Fablescroll
akan pertama mulai dari sejarah Taborea.

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya! :D


- Fosserae -


Read more....

Friday 22 January 2010

Chapter 1.5: Gates to Karros Canyon???!

Baru saja saya ingin bermain RoM, dan saya sadar bahwa launchernya telah diubah.. Menjadi 'Gates to Karros Canyon'? Apakah ini chapter baru sebelum keluarnya chapter II? Anehnya, di RoM negeri lain tidak ada chapter semacam ini...

Tentunya untuk yang pernah main RoM international akan bingung dengan patch ini. Memang sih diluar ada update untuk Karros Canyon, tapi yang dilakukan oleh RoM Indo beda, mereka telah membuat update ini sebuah patch khusus atau chapter khusus.

Apa itu Karros Canyon? Tempat tersebut adalah battlegrounds spesial dengan sistem 'Capture the Flag' seperti WoW. Untuk yang belum pernah menyentuh WoW, battlegrounds adalah semacam area PvP bertema semacam mini game.

Di RoM International, pada pertama kali saya masuk ke dalam Karros, saya kagum akan arsitektur dan lingkungannya. Kalian pun akan terkesima waktu keluar dan melihat dua kastil megah dengan banner berwarna merah dan biru.

Sayangnya, saya tidak dapat menemukan screenshot untuk Karros, dan saya juga baru saja uninstall RoM International.

Kapankah chapter ini akan debut? Bikin penasaran :)


- Fosserae -



Read more....

Guild Tales: Interview with Chibotz of Kaskus

Waktunya untuk Guild Tales dan fokus kepada para Guild.. Tavern Keeper Fosserae akan membawamu info terkini tentang guild, atau mungkin sekedar berbincang dengan Guild Leader atau anggota-anggotanya... Stay tuned, your Guild might be next!


Pada edisi sebelumnya, kami berfokus kepada guild Chronicles, pemenang OMG server Dragonfang. Sekarang, waktunya untuk guild Kaskus, pemenang dari OMG server Varanas! Kaskus adalah guild dengan komunitas yang sangat kuat dan kompak, karena terdiri dari anggota-anggota lokal terbesar, yang saya yakin kamu juga mengetahuinya :). Yuk, lanjut!

-----------------------

Fosserae: Bagaimana respon guild Kaskus pada saat kalian menang?
~ Chibotz: Pertama-tama, saya selaku ketua guild Kaskus mewakili para anggota guild mengucapkan terimakasih atas kesempatan wawancara dengan Aslan-Tavern ini, sungguh merupakan suatu kehormatan buat kami :) [Terima kasih, ini jugalah sebuah kehormatan bagi kami!]. Ok kembali ke pertanyaan, ketika kami diumumkan menang, tentu saja semua bersuka cita karena perjuangan selama hampir sebulan mengumpulkan resource hingga begadang terbayar sudah. Hingga detik-detik terakhir sebelum deadline habis saya sampai bolak balik mengecek di guild hall, apakah ada guild lain yg sudah menyusul level kami, hehe. Saya sendiri sampai terhambat levelingnya gara-gara macul terus hampir sebulan. Mungkin saya satu-satunya ketua guild di PvE yang hampir sebulan main RoM baru level 30 dimana yang lain sudah level 50, hihi. Imbas lainnya juga salah satu anggota guild kami yang paling rajin macul resource berhasil memenangkan event master crafter.


Fosserae: 3000 Diamonds.. Distribusinya gimana tuh?
~ Chibotz: 3000 diamonds tersebut saya bagi kepada para anggota yang telah mengumpulkan
resource minimal 1000 point untuk tiap jenisnya (ore, herb, wood). Dan untuk top
gatherer atau yang paling banyak menyumbang resource mendapatkan 10% dari hadiah
OMG alias dapat 300 diamonds.


Fosserae: Share dong kisah kalian untuk event OMG!
~
Chibotz: Wah, kisah apa yah...Cukup banyak sih pengalaman seru ketika mengikuti event ini, dari cangkul-cangkul bareng sampai ada yang mengira pakai program bot, rebutan resource antar anggota, haha. Saya sampai tidak tertarik ketika melihat monster, lebih tertarik melihat resource :p. Ada anggota kami yang baru level 20-an sudah macul-macul di Ystra bahkan sampai Dust Devil Canyon, dengan ilmu ninjanya berhasil menghindari para monster-monster ganas disana :p [Waih, bagi-bagi ilmu dong~]. Dan yang paling unik adalah event khusus yang kami adakan, yaitu tiap hari selasa kami jadikan sebagai Hari Bumi atau Gathering Day. Pada hari itu adalah hari penebusan dosa karena selama seminggu telah membunuh banyak monster, jadi pada Gathering Day itu semua anggota, junior senior, tua muda, semuanya macul-macul bareng diseluruh Taborea, dilarang membunuh monster pada hari itu (kecuali kepepet :p). Dan, ada point khusus yang didapatkan anggota dari resource yang dikumpulkan pada Gathering Day ini. [Jadi ngerasa bersalah ngebunuhin momon..]


Fosserae:Untuk kedepannya, Kaskus akan bagaimana?
~ Chibotz: Untuk kedepannya kami akan tetap seperti Kaskus ketika awal dibangun, mengutamakan kekompakan dan rasa kekeluargaan diantara anggota. Sedikit perubahan, kami akan mulai fokus raid dan clearance instance kedepannya, dan juga pembangunan fasilitas kastil. Walau begitu, macul-macul juga masih terus jalan walaupun event OMG sudah berakhir, karena sepertinya macul sudah menjadi identik dengan guild kami, lol :).

-----------------------

Seperti yang saya bilang, Kaskus sangat kompak kan? Hehe.. Semoga Kaskus dapat terus menjaga dan membangun komunitas mereka tersebut! Lanjutkan, Kaskus!

Terima kasih Chibotz untuk interviewnya :). Jika kalian ingin mengunjungi website guild Kaskus, silahkan klik link ini.

Hmm.. Guild server PvP mana yah yang akan jadi target (baca: korban) Guild Tales berikutnya? :P



- Fosserae -
Read more....

Wednesday 20 January 2010

Update: 20/01/2010

Hari rabu dari jam 9:00 - 12:00 WIB adalah maintenance mingguan Runes of Magic Indonesia. Tavern Keeper Kaylona akan hadir tiap hari rabu untuk mencakup perubahan atau update yang dilakukan pada tiap maintenance mingguan, langsung pada hari itu juga!


Pada maintentance kali ini, tidak ada update in-game yang kelihatan. Tapi, seusainya maintenance, Runes of Magic Indonesia menerbitkan banyak event-event offline!

****************

Event tersebut dinamakan Starter's Booklet karena menceritakan tentang perlunya sebuah buku untuk penjelajah-penjelajah baru. Sebenarnya sih karena para penduduk Taborea pusing dan kewalahan mengurus semua pendatang baru yang tiada habis bertanya-tanya. Cerita yang lucu haha ~

  • Buatlah sebuah guide untuk pemula dari level 1 sampai 20/20
  • Event ini akan berlaku sampai tanggal 13 Februari 2010
  • Kamu juga diharapkan menyertakan screenshot bersama guidemu. Tidak ada batas untuk screenshot yang kamu gunakan

Penjurian akan dilakukan berdasarkan

  • Seberapa detil
  • Bahasa yang mudah dimengerti
  • Kerapian format

Hadiah:

  • 1st Razer Aurantia Bundle (Razer Aurantia Keyboard + Salmosa Small Mouse)
  • 2nd Portable Hard disk Prodigy 160 GB + Tas Eksklusif RoM
  • 3rd USB Flash disk Sandisk 8 GB + Tas Eksklusif RoM

Kirimlah hasil akhirnya ke event@romonline.web.id dengan subject [ Starter's Booklet ] bersama nickname, server, nama asli, no. yang bisa dihubungin, dan alamat.

Hmm... RoM terus-terusan membagikan Razer yah? Tapi justru bagus sih, enak di kitanya haha ~ Dapet ini loh:


****************

Saya yakin ada beberapa dari pelanggan Astern yang mengikuti seri sebelumnya. Saya juga sempat baca-baca yang di post di Facebook RoM, dan tidak dikit yang membuat saya tersenyum-senyum sendiri di depan layar laptop. Ternyata, RoM berniat membuat event tersebut berlanjut!

Dalam Taborea Comic Caption Contest (TCCC / TC3) kalian cukup mengisi setiap buble text dari berbagai screen shot yang sudah kami sediakan dengan kalimat-kalimat yang simple dan seru. Berhubung TCCC 1 sudah diadakan, kalian diharapkan melanjutkan ceritanya! (link pemenang TCCC 1)

Untuk mengikuti TCCC, kamu harus mematuhi beberapa syarat dan peraturan:

  • Gambar tidak boleh di resize (dikecilkan / dibesarkan)
  • Kami hanya menerima gambar dalam format JPG
  • Kalimat yang dibuat harus tersusun rapi dan menarik di dalam bubble text
  • Gunakan font Comic Sans, 12 px dengan font color hitam.
  • Program yang bisa kamu pakai: Photoshop, Coreldraw, Gimp, Paintshop, MS Paint atau pun Paint.net.
  • Karyamu harus menjadi sebuah lanjutan dari TCCC 1.
  • Event ini akan berakhir pada tanggal 3 Februari 2010.
  • Kirimlah karyamu ke event@romonline.web.id dengan subject [ TCCC 2 ]
  • Untuk mengirim hadiahmu, kami memerlukan nama account, nama asli, alamat, dan nama karakter. (Nama karakter akan di umumkan di website dan Facebook)

Download TCCC 2

Tapi sebenarnya sih ada yang sedikit mengganjal buat saya, yaitu hadiahnya. Aneh sekali hadiahnya yang pada seri sebelumnya adalah Razer sekarang menjadi seekor pet permanent. Tapi kalau di pikir-pikir.... Lumayan juga sih, bisa keliling Varanas membawa pet bola dan cuman kamu yang punya! Lucu lagi!

Hadiah: Orange Ball (Permanent)


****************

Jujur sih, ini event yang paling saya minati haha. Apa lagi setelah melihat sampelnya~

Yuk yuk lihat penjelasannya dulu...

Apa kamu suka dengan pemandangan dunia Taborea? Atau mungkin senang dengan teman-teman petualangmu? Kami akan mengadakan event Taborea Snapshot loh! Jadi jangan ketinggalan! Di event ini, akan dipilih 3 hasil yang terbaik, dan setiap dari mereka akan mendapatkan 435 Diamonds! Kami akan memberi sebuah tema, dan adalah tugas RoManiacs untuk menyesuaikan screenshot kalian dengan tema itu.

Temanya adalah cuplikan dari berbagai film layar lebar!

Event ini akan berakhir pada tanggal 10 Februari 2010!

  • Screenshot yang akan kalian gunakan boleh di manipulasi atau edit.
  • Kamu harus menjadi fans dari Facebook Fan Page kami.
  • Pemilihan akan berdasarkan kreatifitas & komposisi gambar
  • Kirimlah karyamu ke event@romonline.web.id dengan subject [ Taborea Snapshot ] berserta nama film yang bersangkutan, nama karakter, server, nama asli, no. yang bisa dihubungi, alamat, link Facebook, dan mungkin sedikit deskripsi tentang screenshotmu itu.

Hadiah: 3 Pemenang mendapatkan masing-masing 435 Diamonds

435 Diamonds bernilai Rp 100,000 bila dihitung dalam harga Voucher dan bonus yang bisa didapatkan. Cukup okeh hadiahnya, dan eventnya sangat membuat orang berkreasi!

Seperti yang saya bilang sebelumnya, saya sangat meminati ini event karena sampel yang diberikan oleh pihak Prodigy:


Pada saat saya melihatnya, saya langsung kaget dan berteriak 'WAOOOOHHH AVATAARR!!'... Dalam hati sih hehe. Saya penggemar film James Cameron tersebut sih, Avatar, karena memang itu film paling mantap dan keren! (Aduh malah jadi OOT nih).



Sebelum saya OOT lebih jauh, saya akhiri saja deh sesi Update kali ini hehe .... Sampai berjumpa minggu depan! Oh iya, dan jangan lupa ikut event-event offlinenya yah! 8D


- Kaylona -
Read more....

Cara Cepat menjadi Juru Masak Handal di Taborea



Jika berjalan-jalan di kota, pasti akan tercium harumnya masakan. Pernahkah kamu berpikir untuk menjadi seorang Juru Masak? Sediakan makanan untuk teman-temanmu pada saat mereka letih di tengah perjalanan, dan ia akan langsung segar kembali! Di Taborea, keahlian memasak sangat dihargai. Mari kita simak tips dari seorang Juru Masak ahli! (Kontribusi oleh Ridho)


Saya ambil ide ini karena saya adalah pemenang event Master Crafter, dengan keahlian masak di Server PvE Varanas. Saya mau berbagi tips ini untuk para pengunjung Astern yang punya hobby atau berbakat masak, khususnya di dunia Taborea.

Tidak perlu kompor dan alat masak yang mahal untuk bisa menjadi Koki handal di Taborea, cukup meminjam kompor sang penjual bahan masakan di Logar, kamu bisa menjadi Juru Masak yang di cari untuk menjadi bagian dari sebuah Guild. Sebelum mendalami profesi ini, kamu haru tahu terlebih dahulu keuntungan dan kelebihan dari "Tukang Masak" di banding keahlian yang lain. Pada awal saya bergabung di Taborea saya cukup bingung untuk mengambil profesi sampingan apa yang cocok dengan saya. Dalam benak saya saat itu adalah; profesi apa yang kira-kira di butuhkan oleh semua Job di Taborea?. Kalau saya pilih Tailor, tentu para Knight dan Warrior tidak ada yang membutuh kan keahlian saya. Dan jika saya ambil Blacksmith, tentu para class magic tidak membutuhkan saya juga. Lalu tersisa 2 keahlian di benak saya, yaitu Alchemy (Apoteker) Atau Cooking (Juru Masak). Saya telaah fungsi masing-masing profesi. Setelah saya pahami, profesi Juru masak kebanyakan efek dari makanannya adalah menambah kemampuan kita untuk bertarung, baik Magic maupun Fisik. Seperti menambah Magical Attack, Magical Power, Physical Damage, Phsyical Attack, Defend Magic dan Fisik, ataupun efek dari Heal. Kalau Alchemy kebanyakan menambah Jumlah HP atau MP, dan status normal seperti INT, STR, VIT, dll. Selain itu hobby saya adalah makan, supaya lebih semangat Raid dan Quest, saya sangat suka melihat item bergambar makanan, so saya pilihlah Keahlian Masak di Tanah Taborea ini.

Untuk Anda, pilihlah dahulu keahlian yang mau anda seriuskan, biar lebih fokus saran saya cukup satu ke ahlian yang di fokuskan, karena 1 keahlian saja sangat-sangat menyita waktu untuk mengumpulkan semua bahan-bahannya. Tips dan trick saya berikut ini, untuk Anda yang sudah memutuskan menjadi Koki handal di Taborea.

Setelah sesaat anda telah menginjakan kaki pertama kali di Desa Logar, setelah berbasa basi ria dengan pemimpin desa tersebut yaitu Tuan William, sempatkan untuk berkunjung ke sesorang yang bisa mengajarkan anda skill memasak. Dia berada di samping nenek Agnes, ciri khasnya di sampingnya terdapat alat masak standar yang bisa di gunakan untuk memasak. Setelah mendapat keahlian memasak anda yang pertama kali, coba cek skill masak saat itu, masakan yang anda bisa bikin pertama kali adalah Roasted Fish. Bikin nya cukup mudah; hanya butuh 2 Bundle Mountain Demon Grass, yang Mountain Demon Grassnya bisa di dapatkan di sekitar area Logar. Dan untuk bisa menjadi bundle harus di refine 1 tingkat dulu dengan skill Herbalism. 2 lembar Mountain Demon Grass akan menjadi 1 Bundle. Bahan lainnya adalah; 1 batang Ash Timber, yang Ash nya bisa di dapat di sekitar Logar juga, dan juga harus di refine 1 tingkat dengan skill Woodcutting. Masing-masing 2 Ash akan menjadi 1 timber. Terakhir; Jangan lupa Ikannya!, cukup beli saja di asisten guru kita tadi, Dia berada di sebelahnya. Untuk sementara masak ikan ini sebanyak yang kamu bisa, hingga level masak kamu menjadi minimal level 4.

Info tambahan; sebelumnya saya jelaskan, level masak sebelum mencapai level 20, ada 2 tipe jenis masakan untuk setiap level genap. Contoh; pada saat level masak anda level 2, artinya ada 2 jenis resep masakan baru yang bisa anda dapatkan. Yaitu tipe masakan Untuk Raid dan tipe untuk hunting. apa maksud Tipe Hunting dan tipe Raid?. Begini, saat level masak anda level 1, resep makanan yang bisa anda masak saat itu adalah Roasted Fish, efeknya menambah Physical attack power 20 selama 600 detik. Di level 1 itu ada satu resep lagi, yaitu Roasted Salty Fish, efeknya adalah 15% Physical attack Power untuk 600 detik. Kedua resep ini bahannya cukup banyak, makanya saya bedakan makanan untuk raid dan untuk hunt. Efek yg penambahannya dengan satuan persentase itu cocok untuk Raid, bukan untuk hunt. Tapi jika anda sanggup bikin banyak makanan jenis raid untuk hunt anggota guild (jika punya), atau untuk hunt anda sendiri, saya persilahkan, yang artinya bahan yang anda cari jumlah nya akan menjadi lebih banyak. Begitu juga pada level 2 masak, ada 2 tipe resep masakan; yang persentase dan yang jelas point nya. Tentu yang efek persentase bahannya cukup banyak di banding yang efek dengan point jelas, begitu selanjutnya di level-level genap masak Anda. Saat lvl masak anda ganjil tidak ada resep baru yang bisa di dapatkan (kecuali lvl masak anda sudah lvl 20 lebih). Resep makanan tipe Raid kebanyakan di dapat dari Drop Monster.

Saya lanjutkan, setelah anda mencapai lvl 4 (saya rasa cukup mudah jika anda menyisihkan waktu sebentar untuk profesi sampingan anda ini), makanan yang bisa anda masak saat level 4 ini adalah Roasted Meat. Masaklah menggunakan resep ini hingga mencapai level 8. Jika anda terus masak menggunakan resep level 1, maka akan terasa sangat lama untuk naik level masak selanjutnya, karena experience yang di dapat sudah tidak sesuai dengan experience yang di butuh kan. Jika level masak Anda sudah mencapai level 8, artinya resep Salted Fish bisa anda pelajari. Dan jika Salted Fish sudah bisa Anda kuasai, saatnya anda pindah lokasi untuk pencarian bahan-bahan masak anda, yaitu; Betroot dan Willow. Kedua bahan tersebut bisa di dapatkan di lokasi Logar-Varanas. Selanjutnya, terus masak "Ikan Asin" ini cukup sampai level masak Anda mencapai level 10, karena untuk ke level 12 sudah mulai terasa sangat berat. Mulai dari sini, tujuan level masak nya di bagi per level genap. Maksudnya, jika Anda sudah mencapai level 10 masaknya, tujuan berikutnya adalah level 12, dan jika sudah mencapai 12 tujuan berikutnya adalah 14, dan seterusnya. Setiap level genap di peroleh, itu berarti ada resep baru yang bisa Anda pelajari, leveling lah level masak anda dengan resep baru itu. Terus ulangi langkah ini sampai level masak anda level 20.

Saran saya supaya anda tidak jenuh, jadikan profesi sampingan ini hanya untuk menghilangkan jenuh saat Quest dan Hunting, sehingga tidak jadi beban di diri Andanya. Saat Quest, sisihkan waktu sebentar untuk mengumpulkan bahan-bahan masak anda. Jika dalam perjalanan menyelesaikan Quest anda melihat bahan masakan yang bisa di kumpulkan, maka kumpulkan lah. Dengan cara ini, tidak terasa bahan-bahan masak Anda sudah terkumpul cukup banyak.

Tips lain; cari guild yang mau membantu dan menyuplai bahan-bahan masakan anda, terutama Activate Rune nya. Imbal baliknya adalah; masakan yang sudah jadi, bisa menjadi Ransum untuk semua anggota guild. Dengan demikian, Anda akan jadi juru masak andalan di Guild itu.

Jika tanpa guild, masakan yang sudah jadi bisa anda jual di Auction House terdekat. Jangan lupa imbangi level masak Anda dengan level gather lain seperti woodcutting dan herbalist. Dan juga level primary job Anda jangan terbengkalai, karena kalau anda terus fokus ke level masak Anda, Anda akan kesulitan mencari bahan masak level selanjutnya, karena monster di sekitar bahan tersebut lebih tinggi levelnya di banding anda.

Info tambahan; Anda (Player) tidak bisa makan 2 jenis masakan berbeda dalam satu waktu. Jika anda makan makanan jenis "A", saat anda coba makan makanan jenis lain, yang jenis "A" akan tertimpa dengan makanan yang jenis baru. Jadi pikirkan makanan yang efeknya anda butuhkan saat itu.

Tips-tips di atas hanya saran dari saya, yang tidak harus di ikuti sepenuhnya. Karena tips yang bagus adalah; Anda sendiri lah yang menciptakan tips itu, sehingga anda nyaman dan enjoy dalam leveling Keahlian Masak Anda sendiri.


Salam hangat dari saya, Juru Masak Kaskus Guild.


- Ridho -
Ridho (Kaskus), Varanas Server


Terima kasih Ridho untuk kontribusinya :)
Read more....

Tuesday 19 January 2010

Lores and Fables: Phil August's Story (Part 1)

Dunia Taborea penuh dipenuhi oleh banyak cerita, kisah, mitos, legenda, dan lain-lainnya. Mari dengarkan sejarah dunia kita semua ini bersama Tavern Keeper Fosserae. Tenang saja, ditraktir kok. Selasa ini, kita akan bercerita tentang Phil August, peran utama dari salah satu Epic Quest.

(Tavern Keeper Fosserae membawa beberapa gelas minuman ke meja)

Tentunya kalian pernah setidaknya sekali dipanggil oleh Ketua Dewan Varanas, Berol? Di Administration District Varanas, tempat Berol berada, terdapat Phil August pada lantai kedua.

Phil adalah anggota dari partai House of August, yang pada saat ini adalah pembicara dari para Dewan Varanas. Partai tersebut telah mendapatkan nama jelek karena kesalahan yang dilakukan oleh Philip, ayah dari Phil. Oleh karena itu, kakak Phil, Louei, selalu memberitahu adiknya untuk menjaga kehormatan keluarga dan partai mereka. Phil dan Louei dulu dititipkan oleh Philip kepada Berolsebelum ia meninggalkan dunia.


Phil
masih dianggap anak-anak oleh Berol karena kejadian yang terjadi, dimana para Dewan Varanas sedang bercanda tentang penolakan partai House of August dan Phil langsung menyerang mereka karena terbawa amarah. Berol langsung menghentikan lalu mengomelinya didepan mereka, dan membuatnya menulis 'Code of the Knights' seratus kali. Benar-benar seperti hukuman sekolah, bukan?

Tapi setelah kejadian tersebut, Phil langsung terintimidasi oleh Berol dan tidak berani menghadapinya, sampai-sampai ia mencari orang lain untuk mengantarkan salinan 'Code of the Knights' nya untuk Berol. Pada saat Berol melihat hasil tugas Phil, ia menggelengkan kepala karena Phil tidak mengerti maksudnya dari hukuman tersebut. Bingung? Coba kita ingat baik-baik.. Apakah Code of the Knights tersebut?

"Mereka yang kuat tidak berbangga atas aksi-aksi kepahlawanan, tapi mereka bermeditasi dan meraih kemenangan dengan kebijaksanaan"

Sayangnya, Phil hanya sekedar menyontek dan tidak mengambil makna dari hukuman tersebut. Berol akhirnya memutuskan untuk membuat Phil membaca sebuah buku tentang sejarah keluarga August, tapi lagi-lagi ia tidak menangkap inti dari perintah tersebut dan menganggapnya sebagai beban yang berat. Daaann... Ia melupakannya begitu saja...

Setelah selesai membaca buku tersebut dengan asal-asalan, Phil melanjutkan projek dia yang menggunakan Flame Butterfly. Ia berniat untuk membuat sebuah potion yang bisa melindungi kakaknya di perjalanannya, agar kakaknya bisa kembali dengan selamat. Phil tidak ingin kejadian yang sama terulang lagi, dimana ayahnya (Philip) tidak pernah kembali. Namun, eksperimen tersebut gagal dan malah bisa dibilang backfire... Bukannya melindungi seseorang, tapi malah menyerang..

Tapi Phil tidak menyerah, dan berminta tolong kepada Holy City Ambassador Aymar untuk membuatkan sebuah Holy Spring Amulet. Phil tahu bahwa Louei terluka berat, dan karena itulah ia melakukan sebisanya demi kakaknya itu. Amulet atau jimat tersebut pun jadi, tapi pada saat ia kembali, ia diberi tahu oleh Berol bahwa Louei menghilang setelah rapat Dewan Varanas terakhir.

Dengan bertanya-tanya dan mencari informasi tentang Louei, ia mengetahui bahwa sebuah tulisan kuno yang rumit menunjukkan sesuatu...

Tulisan kuno tersebut memberitahu mengenai sebuah ritual bernama 'Rite of Hope'. Ritual tersebut menggunakan beberapa bahan persembahan, dan harus dilakukan di Altar of Hope yang berada di tepian paling timur New Moon Forest. Nyalakan api lilin, dan ritual itu akan komplit.

...... Sayang sekali saya tidak bisa memberitahu kelanjutannya! Karenaa.. (Melihat jam).. Sudah sangat malam. Untuk kalian yang penasaran atau masih dalam proses membantu Phil, sebaiknya kalian sendiri mencoba ritual tersebut terlebih dahulu. Percuma jika saya jelaskan, karena kalian tidak akan percaya..

Sudah lumayan telat.. Sebaiknya kalian kembali ke kamar masing-masing, atau memesan sebuah kamar bila belum. Akan saya lanjutkan ceritanya lain kali.. Pada saat kebanyakan dari kalian sudah melihat magic dari ritual tersebut! Hehehe..


- Fosserae -
Read more....

Monday 18 January 2010

The Bar II


Punya sebuah pertanyaan? Silahkan e-mail leviron.skye@gmail.com dan Tavern Keeper Leviron akan menjawabnya pada sesi The Bar.

Untuk Daily Quest selain d Ystra bro, spider Expnya dah gak gigit lagi, untuk Lv 39 enaknya selain d Ystra d mana ya?, telenya lewat mana ? Tnx - Hellmizar Arkhain

Tavern Keeper:
Untuk lv 39, kamu bisa coba Quest yang ada di Ystra Labyrinth . Quest Guard Control dan Secret Aid bisa memberikanmu Exp 28689 . Mantap kan?


Uit satu lagi ( kbanyakan nanya nih aku ho3 ) kalau equip Lv 50, trus status equipnya d pindah ke Equip IM, secara equip IM kan bisa d pakai smua Lv, bs gak d pakai tuh equip IM tp dengan status equip Lv 50 - Hellmizar Arkhain

Tavern Keeper: Maksud kamu dengan aggregator ya? Wah, kalau kamu pakai Aggregator itu ibaratnya cuma pakai "sarung" doank, jadi equip kamu tetap hanya bisa digunakan level 50..


1.Kk ornament yang di equip itu dapatnya darimana sih..??
2.Lalu bisa ditambah fusion stone dan rune juga gk..??
3.Bila bisa, apakah jenis rune dan fusion na sama seperti ekuip biasa atau beda jenisnya..??

4.satu lagi apakah rune kembar bisa dipasang..?? misalnya ad 2 slot rune, lalu dipasang rouse III sebanyak 2 buah..?? - Hadi Christian


Tavern Keeper:
1. Ornament ya? Dari pengalaman kami bermain RoM di server luar, itu diisi dengan sayap.. 2 dan 3. Tidak bisa kk~
4. Hal tersebut tidak dapat dilakukan. Kalau mau menggabungkan dua Rouse, Tiernya harus beda; contoh : Rouse III dengan Rouse IV.


Jangan lupa, kalau kalian ingin bertanya, kalian bisa e-mail ke leviron.skye@gmail.com :)


- Leviron -
Read more....

Saturday 16 January 2010

Kenapa Runes of Magic adalah MMORPG paling mantap setelah World of Warcraft

Banyak yang bilang Runes of Magic adalah tiruan MMORPG legendaris World of Warcraft. Tapi apa kalian pernah berpikir kelebihannya dibanding World of Warcraft dan game-game lainnya? Runes of Magic bisa dibilang sebagai salah satu kegemparan paling heboh di dunia game setelah World of Warcraft. Ini adalah terjemahan dari artikel yang dibuat oleh Jeremy S. di blognya. (Kontribusi oleh Lithie)

Sebuah pernyataan yang terlalu berani? Terlalu liar? Jangan terpukul kalau ada saja orang yang bilang perkataan tersebut tidak masuk akal. Kita selalu mendengar banyak pernyataan harian semacamnya, yang akhirnya hanya mengecewakan kita saja. Misalnya, "WoW kalah banget sama XXX!", "Ini game paling mantap dah! Gak ada yang bisa kalahin!", dll. Semua hal-hal seperti ini membuat masyarakat MMORPG letih, tapi jangan lupa bahwa kemungkinan masih ada.


Demikianlah pembukaan saya untuk mencoba membuat anda melihat hal ini dari sisi "objektif", dan buktikan bahwa ini bukanlah pernyataan tanpa arti. Saya akan menggunakan model-model MMORPG yang ada dan juga beberapa penjelasan detil dengan contoh-contoh untuk membuktikan omongan saya.

Saya tidak hanya percaya bahwa Runes of Magic adalah sebuah lompatan evolusioner berikut sejak World of Warcraft pertama menghebohkan dunia game online, saya juga yakin bahwa fakta-fakta dan informasi saya akan mendukung hal ini. Jadi, mari kita lanjut!



Lompatan Evolusioner yang Bagus


Runes of Magic (RoM) adalah MMORPG pertama, sejak World of Warcraft (WoW), untuk melakukan apa yang sedang dilakukannya. Yaitu, mereka telah menciptakan sebuah dunia unik yang luas dengan tangan mereka sendiri, dan mengembangkan bagian-bagian yang terbaik dari beberapa game online paling sukses dalam bisnis tersebut. Ini adalah yang dilakukan oleh WoW. Runewaker (developer RoM) memiliki tim bagus yang terdiri dari penggemar MMORPG, dan melihat bagian-bagian terbaik dari game-game terkenal, seperti EQ2, LotRO, Warhammer, dan WoW. Mereka mengambil semua hal-hal besar yang disukai oleh masyarakat MMORPG jaman sekarang, menggabungkan mereka, membuat beberapa perubahan, menambahkan sistem-sistem unik mereka sendiri, dan membungkus semuanya dalam cerita dunia mereka sendiri. Mereka melakukan ini pada tingkat yang hampir sama dengan Blizzard waktu mereka membuat WoW.




  • Runewaker juga menunjukan kekuatan, keberanian, dan pengambilan resiko ala Blizzard (developer dari WoW) dalam mengambil yang pada saat ini terbaik di kalangan MMORPG, dan memperluasi atau membuatnya lebih baik, lalu "menjualnya" menggunakan model bisnis RMT. (RMT: Real Money Trading; sistem yang biasanya digunakan game Free-To-Play dalam istilah menggunakan uang asli untuk penggunaan dalam game. Gampangnya, Item Shop)



  • Mereka tidak hanya telah berani berlaku seperti yang hanya Blizzard telah lakukan selama ini, tapi mereka juga membuktikan bahwa mereka tidak hanya jiplak, tapi menjadi salah satu pejuang baris depan. Runewaker menunjukkan kegigihan dan keberanian mereka dengan mendifinisikan ulang cara model RMT dapat bekerja dengan baik. Belum ada yang pernah melakukan ini sebelum mereka; membuat sebuah RMT MMORPG yang lebih dekat dalam istilah ukuran dan mekanik game dengan kebanyakan perusahaan yang Pay-to-Play. RoM melewati semua batas normal dan mekanik game play MMORPG RMT (F2P) lainnya.



  • Satu lagi perubahan evolusioner besar adalah implementasi yang lebih fokus kepada "game play horisontal". Dimana inti kebanyakan MMORPG adalah leveling, RoM melakukan banyak patch content yang bisa diakses siapapun tanpa memaksa pemain mereka untuk leveling demi merasakan semua content. Walaupun begitu, mereka juga tetap memperhatikan sistem-sistem favorit kini, seperti Raiding.



Kebanyakan dari ini akhirnya berjerumus kembali ke kategori dasar "pilihan". Dengan design Runewaker yang unik dan cerdas, mereka telah memberi jumlah pilihan yang tidak terhitung kepada pemain mereka, tapi juga tetap mempertahankan dan meningkatkan hal-hal yang telah menjadi favorit dalam dunia MMORPG.


Oleh karena itu, RoM telah menunjukkan tambahan-tambahan evolusioner dan juga revolusioner tidak hanya kepada model bisnis RMT, tapi juga kepada model bisnis Pay-to-Play. Sementara banyak game baru keluar hampir setiap hari dengan sistem-sistem dan pilihan-pilihan hebat, tidak ada yang menyaingi yang ditawarkan oleh RoM (sejak WoW muncul).



Buktinya bisa terlihat jelas


Pada pandangan pertama, RoM bertampak hanya mengambil ide-ide besar dan mencontek mereka, yang akan diterima oleh banyak orang.Tapi sebenarnya, ada jauh lebih banyak, dan perubahan-perubahan kecil ini lah yang membuat perbedaan besar dan akan mempunyai dampak jangka panjang untuk masa depan MMORPG. Tentunya juga akan menunjukkan kehebatan Runewaker.



Item Shop RoM (RMT yang ideal)


ROM tidak hanya memiliki salah satu Item Shop terbaik (diisi hanya dengan barang-barang yang akan meningkatkan kecepatan dimana seorang pemain dapat memperoleh tujuan mereka di dalam game, dan tidak terjual yang tidak bisa didapat oleh pemain murni di dalam game), tapi mereka telah menghubungkannya secara langsung ke game mereka, tidak seperti model RMT MMORPG lainnya jaman sekarang. Mereka dengan keseluruhan menggunakan 4 jenis mata uang:



  1. Diamond

  2. Ruby

  3. Gold

  4. Phirus Token


Melalui beberapa RMT dan mata uang game ini ditambah pilihan kuat untuk memberi setiap pemain kemampuan untuk mendapatkan mata uang tersebut di dalam game melalui ekonomi yang stabil, RoM telah melampaui semua model bisnis RMT sebelumnya. Pemain murni manapun bisa menukar, membeli, atau menjual melalui transaksi one-on-one dengan pemain, Auction House, atau bermain solo untuk mendapatkan setiap jenis mata uang, tanpa pernah sekali pun mengeluarkan kartu kredit dari dompet mereka. Seratus persen dari content RoM diberikan kepada setiap pemain, tidak pandag cara mereka memilih untuk bermain, semuanya tanpa menawarkan kekuatan barang-barang yang imbalanced. Ekonomi kadang berfluktuasi dan sangat drastis kadang, tetapi tidak sampai tingkat ekstrim sampai para pemain bertindak secara resmi karena harga-harga sama sekali tidak terjangkau, apa pun cara anda bermain. Contohnya, beberapa pemain top di server saya sama sekali tidak pernah menghabiskan seperak pun untuk bermain.



Game Play Horisontal


"Horisontal" hanyalah sebuah kata keren untuk menggambarkan content yang memberikan kebebasan. Cara termudah untuk menjelaskan hal ini adalah melalui profesi di RoM. Sambil memegang sistem leveling yang unik, profesi adalah hal yang independen dari level karakter. Anda bebas untuk meningkatkan alchemy, blacksmithing, atau profesi lainnya ke level maksimal tidak bergantung dengan level, apa bila anda level 5 maupun 50. Sistem-sistem lain seperti housing dan mount disediakan tanpa larangan "vertikal". Anda bisa mendapatkan rumah gratis pada level 5 dan sewa seekor kuda dari level 1.


Runewaker tidak hanya telah membangun cara-cara besar untuk menyediakan lebih banyak content game untuk semua pemain, merek juga telah melakukannya pada waktu yang sangat tepat. Direncanakan atau tidak (saya lebih memilih yang pertama), kami sedang berada di sebuah pergeseran evolusioner dalam dunia MMORPG dimana pemain game mulai mengajari cara-cara baru untuk enjoy , dan pada saat yang sama persepsi para pemain mulai berubah dalam cara mereka dapat menikmati MMORPGs. RoM menyediakan cara-cara lama dan baru untuk menikmati sebuah MMORPG, dan ia menjalani evolusi ini dengan baik.



Quests dan World Lore


Pada pandangan pertama, RoM terlihat mempunyai quests yang sama seperti WoW dan Warhammer. Ada world quests dan daily quests. Tetapi ada cara-cara kecil yang RoM gunakan dalam membuat mereka yang menciptakan lebih banyak pilihan dan keseruan bagi pemain.

Satu perbedaan pada daily quests adalah bahwa anda dapat mengumpulkan barang yang diperlukan tanpa terlebih dahulu harus menerima questnya. Ini adalah hal yang sangat besar di dunia MMORPG, baik RMT maupun model P2P. Ini memberikan pemain kebebasan dari kendala dan menyediakan banyak pilih dimana sang pemain bisa melakukan lebih dari satu quest dalam sekali jalan.
Misalnya:


Daily quest Warhammer mengharuskan anda untuk mencari lokasi penerimaan questnya, kemudian kembali ke lokasi di mana anda mendapatkan barang-barang yang diperlukan. Ini cukup baik, tetapi metode RoM menempatkan kekuasaan dan pilihan di tangan para pemain. Sekarang jika Anda lebih suka dunia melakukan world quests atau grinding untuk berbagai drop atau sedang sibuk dalam usaha lainnya dan tidak ingin merasa terpaksa, anda dapat memilih untuk menyimpan barang-barang daily quest tersebut, menjualnya, atau membuangnya. Seseorang mungkin berada pada posisi di mana mereka berencana untuk pergi ke tempat yang dekat bulletin board usai menambang, grinding, atau apa saja di daerah sekitar mereka saat ini, sehingga mereka memutuskan untuk mengambil daily quest, sekalian. Ketika mereka pergi ke kota untuk melakukan tujuan utama mereka, mereka dapat mampir sebentar dan menerima daily quest, dan dapat segera menyelesaikannya. Anda dapat melihat bagaimana pemain diberi kebebasan untuk melakukan apa yang ia mau, kapan saja ia mau, dan masih menyediakan pilihan untuk mengambil atau meninggalkan drop daily quest.

Salah satu aspek dari world (atau general) quests, yang mungkin tidak jelas pada pandangan pertama, adalah seberapa baik mereka telah menyampaikan lore (cerita) dunia RoM secara berterusan, dan terus berkembang.

Ketika saya pertama kali melihat kedalam cerita dunia RoM, saya merasa bahwa banyak yang kurang. Kesannya seperti telah berlebihan generalisasi masa lalu yang setengah unik, berserta juga dengan beberapa deskripsi daerah-daerah yang tidak kalah generik. Setelah berbulan-bulan bermain, saya mulai merasakan betapa hausnya saya akan menyelesaikan semua quest; bukan untuk uang, atau experience, tapi untuk lanjut membacanya.

Sebuah cerita yang sangat rinci mulai terbuka sedikit demi sedikit di hadapan saya melalui semua world quests. Ini dilakukan dengan cara yang seru. Semua 1,200+ world quest RoM patut dibaca. Mereka tidak hanya menambahkan detil kepada sejarah dunia tersebut, tapi juga memberi detil tentang masa kini dan masa depan. Ceritanya dengan cerdik disampaikan melalui quest-quest yang mungkin terkait, atau sama sekali tidak terkait, kepada beberapa dungeons dan instances di seputar dunianya. Dengan berpikir sedikit, kamu bisa dengan gampang menyusun kisah yang sedang terjadi, walaupun mungkin kamu menerima quest secara tidak berurutan. Ada juga "Epic Quests" yang adalah semacam cerita sampingan, yang masih menambahkan detil ke world lore, juga dengan beberapa beberapa barang bagus saat menyelesaikannya. Jika anda berasa bahwa RoM tidak mempunyai world lore yang jelas, maka anda belum membaca quest-questnya.

Quests di RoM direncanakan, dirinci, dan ditulis dengan baik, dan juga tidak melupakan usaha, peran, dan proses pelaksanaan yang harus dilakukan oleh para pemain. Mereka bukan hanyalah sekedar alat untuk mendorong level, tapi semua seperti halaman, atau bab, dari sebuah drama yang ditulis dengan baik. Kelemahan utama adalah peningkatan kepenting dalam penerjemahan. RoM harus diterjemahi ke dalam bahasa Inggris [atau untuk kita, Indonesia], yang tentunya akan membuat beberapa hal-hal dan kepentingan dari quest hilang. Selama mereka dapat menempatkan standar tinggi pada penerjemahan, dan meminimalkan kesalahan, saya akan selalu berasa bahwa quest RoM jauh lebih berarti dari milik WoW atau MMORPG lainnya yang ada.

Banyak pemain yang tentunya tidak baca quests yang ada di RoM, tapi sebenarnya setiap world quest adalah bagian penting dari world lore. Mungkin banyak pemain tidak suka berpikir terlalu keras dan meratapi detil-detil kecilnya, dan lebih memilih untuk mempunyai keseluruhan lore tertulis di website atau cara langsung lainnya, tapi Runewaker telah mengambil pilihan yang ada dan mengambil yang terbaik. Walaupun para pemain yang tertarik dengan world lore mungkin kecewa dengan hal ini karena tidak bisa langsung membaca, tapi Runewaker telah memberikan hidup dan keseruan baru untuk quests dengan menyambungkannya dengan kisah keseluruhannya. Dari banyak pilihan, opsi inilah yang dipilih, dan memberi quests kepentingan yang baru dimana para pemain bisa merasa lebih terserap ke dalam dunia RoM.

Kustomisasi yang tidak tertandingi

Di atas membuat fitur-fitur MMORPG lebih baik, RoM tetap mempunyai content unik mereka sendiri.

  • User Interface
Ketika anda memasuki dunia Taborea untuk pertama kalinya, anda akan disambut dengan user interface yang cukup dasar. Banyak pemain tidak biasa disambut dengan keramahan user interface seperti di RoM, dan mengaggapnya sebagai user interface yang sudah kuno, dan banyak kekurangannya. Tapi, perhatikanlah lebih dekat lagi. RoM menawarkan kustomisasi yang tidak tertandingi di user interface mereka. Anda bisa menambahkan banyak action bar, dan menyusunnya sesuai vertikal, horisontal, atau mungkin kombinasi dari keduanya, dan meletakkannya dimana saja. Dan juga, anda bisa mengganti setiap elemen dari user interface dengan cara yang mirip.

  • AddOns
Kalian yang mengenali AddOns WoW pasti mengenali kata ini, dan artinya memang sama (tapi bedanya, ini untuk RoM). Addons adalah program-program buatan pemain yang bisa mengubah semuanya, dari warna, bentuk, dan ukuran user interface, sampai menambahkan alat-alat seperti kalkulator, fitur tambahan untuk Auction House, dan banyak macros dan scripts untuk meningkatkan permainan anda.

  • Macros dan Scripts

Mungkin sebuah macro (menggabungkan beberapa commands menjadi satu untuk dilaksanakan dengan satu click) sederhana untuk teriak "Ciaaattt!!" saat kamu cast Fireball, atau susunan macros dan scripts yang jauh lebih kompleks, RoM memungkinkan anda untuk melakukannya. Tidak seperti MMORPG model P2P atau RMT yang hanya memungkinkan anda untuk membuat macro text, emoticon, ganti equipment yang sangat sederhana, atau mungkin sama sekali tidak menawarkan fitur pembuatan macro, RoM memungkinkan anda membuat macro dari apa pun. Ingin menggabungkan kombinasi dari skill healing dan offensive sekaligus ke dalam satu macro? Apa anda ingin dapat membuat macro yang bisa menukar senjata 2-hand sword dengan 1-hand sword dan sebuah perisai agar anda bisa cast buff yang diperlukan, lalu menukar kembali ke 2-hand sword anda dan diikuti oleh beberapa skill offensive, semua dalam sekejap mata dan memencet satu macro? Silahkan.

Baik dengan script, macros, AddOns, atau alat-alat in-game yang jumlahnya tidak terhitung,
RoM memberikan pilihan yang hampir tiada batas dalam kustomisasi.

Membawa Kembali Ketakutan akan Kematian

RoM telah menambahkan sistem yang bagus untuk membawa kembali unsur "takut" pada kematian, dengan cara yang tidak menyebalkan secara berlebihan. Kebanyakan MMORPG model RMT mengambil sejumlah persentase dari experience yang didapatkan pada saat anda mati. Walaupun hal ini menambah keinginan untuk tidak mati, tambahan tersebut tidak ideal dan juga menyertai tingkat kesebalan yang sama atau lebih besar yang hanya akan menghilangkan fun dari para pemain.

RoM telah menambahkan "Experience Debt" dimana anda mendapatkan sejumlah persentase sebagai hutang, tergantung dengan level karakter anda. Pada saat kamu mendapatkan debt, anda akan tetap mendapatkan experience, tapi sejumlah persentase dari experience yang didapatkan akan digunakan untuk melunasi hutang experience tersebut.

  • PK (Player Killing) yang Berarti
Ada server PvE (Player vs. Environment) dan PvP (Player vs. Player) yang bisa dipilih pada saat anda mulai bermain RoM. Di server PvP, kepentingan PK telah dirombak. Ada point reputation (reputasi) untuk didapatkan atau dihilangkan yang menghasilkan beberapa kebaikan dan keburukan, dan juga ada tambahan "takut" kehilangan barang-barang yang bukan hanya dibawa di dalam inventory, tapi juga equipment yang sedang digunakan pada waktu terkena PK. Salah satu fitur yang lain adalah tidak adanya faction (faksi) yang terkait dengan PvP. Siapapun bisa saling PK atau terkena PK kapan saja. Sebagai peringan untuk "ketakutan" dan kesebalan, kamu tidak akan mendapatkan experience debt dalam situasi-situasi PK dan situasi yang tidak berhubungan dengan combat lainnya (misalnya: jatuh hingga mati).
Kepentingin elemen "takut" akan kematian dalam MMORPGs telah menjadi perhatian utama di dalam industri tersebut dan juga komunitas-komunitas game. RoM telah menemukan cara baru untuk membawanya kembali dengan kesebalan minimal.

Fitur-fitur Unik yang semua MMORPGs dapat pelajari

  • Tiada lagi "Clones"
Sebuah masalah untuk para karakter pada level apapun di MMORPG lainnya adalah keterbatasannya kustomisasi armor. Hal ini sangat jelas saat mencapai level tertinggi di sebuah MMORPG. Di dalam sebuah game seperti WoW, anda akan menemukan bejibun pemain yang telah berusaha keras demi mencapai level tertinggi dan mendapatkan armor dan senjata terbaik. Tapi, seorang pemain akan sangat kecewa pada saat ia tahu bahwa orang lain yang mempunyai ras yang sama seperti dirinya akan menjadi "clone", dalam maksud penampilannya akan hampir mirip atau sama persis dengan dirinya. Para pemain kehilangan keunikan karakter mereka sendiri, dan akan terlihat seperti pasukan Stormtroopers [nonton Starwars?] kecil dimana tidak ada cara untuk membedakan satu orang dari yang lainnya. Walaupun ada banyak pilihan armor, masalah ini masih bisa terjadi pada level apapun.

RoM memiliki sebuah barang yang dikenal sebagai "Aggregator" dan memungkinkan anda untuk mengambil status yang ada pada satu equipment, lalu mentransfernya ke equipment yang lainnya. Jadi, jika pedang yang paling sakti masih diinginkan untuk kekuatannya, tapi anda menyukai pedang lainnya yang levelnya lebih rendah karena penampilannya keren, kamu bisa menggunakan Aggregator untuk mempunyai penampilan pedang keren tersebut, tapi status pedang yang sakti.

Aggregator bekerja untuk semua armor dan senjata yang bisa terlihat. Penambahan kecil ini membuka potensial yang banyak. Oleh karena itu, para pemain dapat menyombongkan tidak hanya equipment sakti saja, tapi juga yang berpenampilan keren. Ini juga berperan dalam game play horisontal.

Tunggu dulu, masih ada lagi...

RoM juga mempunyai fitur-fitur kustomisasi karakter (dan mount) lainnya yang memungkinkan anda untuk mewarnai bagian-bagian dari armor, dan juga bukan hanya dengan warna yang dasar dan sederhana. Anda dapat menggunakan palet warna besar untuk memilih warna yang diinginkan untuk mount, equipment, atau karakter. Karakter anda dapat menjadi sungguh unik dengan fitur-fitur ini yang memberimu kebebasan memilih dari jutaan warna untuk kulit, rambut, armor, senjata, dan mounts.

  • Menggunakan Runes dalam Runes of Magic
Runes berperan dalam jalan cerita serta mekanik game. RoM menggunakan runes dalam profesi serta peningkatan atribut armor dan senjata. Ada bermacam raga runes didalam dunia RoM, dan kebanyakan dari mereka juga bisa digabungkan untuk membentuk rune yang lebih kuat.
Alat utama untuk penggabungan runes adalah "Arcane Transmutor". Jumlah runes dan barang peningkatan armor dan senjata lainnya yang ditawarkan didalam RoM memberi para pemain banyak hal untuk dilakukan. Arcane Transmutor mungkin akan sedikit membingungkan pada saat pemakaian pertama [Foss baru aja bikin guidenya haha!], tapi dengan sedikit latihan, pemain dapat upgrade barang-barang mereka tidak hanya melalui runes yang bisa dibuat, tapi juga Enhancement Jewels dan tiering.

  • Fusion Stones
Sama seperti MMORPG model P2P lainnya, senjata dan armor mempunyai tiers. Pada saat ditemukan atau dijatuhkan oleh mob, tiers didasarkan dari persyarat level untuk menggunakan equipment tersebut. Melalui epnggunaan Fusion Stones, kamu bisa meningkatkan tier sebuah item, yang kemudian memungkinkan untuk menerima runes yang lebih kuat, dan juga meningkatkan atribut.

  • Disenchanting
Fusion Stones kosong bisa digunakan dalam sebuah proses dimana anda ingin mencabut atribut-atribut tertentu dari sebuah item, lalu menambahkannya ke item lainnya.
Semua pilihan untuk upgrade ini memang cenderung menjerumus ke satu pilihan untuk yang berjiwa kompetitif: "harus punya". Tapi, masih banyak pilihan lainnya berdasarkan jumlah waktu, usaha, dan duit yang diperlukan untuk upgrade, tidak pandang apa bila anda seorang super hardcore gamer, atau super casual player, atau di tengah-tengah.

Tidak ada "Ghost Towns"

Banyak pemanadangan MMORPG dihiasi oleh banyak kota, desa, tenda, beberapa macam pusat kegiatan. Tapi sering kali, anda bisa menemukan perumahan di daerah-daerah jauh dari kota utama, yang akhirnya menjadi "Ghost Town". Selain mungkin ingin mengambil beberapa quest tertentu, tidak ada alasan jelas untuk melakukan perjalanan jauh dari kota utama demi ghost town, dimana tidak ada yang bisa dilakukan, dan tidak ada orang untuk diajak ngobrol. Akhirnya semua pemain hanya berkumpul di satu atau dua tempat di dunia game tersebut, dan kota-kota lainnya ditinggalkan kosong begitu saja.

RoM telah menambahkan, bila dilihat dari beberapa sisi tertentu, fasilitas untuk para pemain di setiap pusat agar ada lebih banyak alasan sosial untuk para pemain bersosialisasi. Hal ini memastikan para pemain bisa bertemu dengan kelompok pemain lainnya pada tiap pusat. Kebanyakan dari pemain ini akan mempunyai level yang sama, dan anda akan lebih cenderung bertemu dengan orang untuk menjalankan instances dan menyelesaikan quests jauh lebih cepat. Ini juga adalah salah satu hal kecil yang membuat perbedaan besar, dan mempunyai dampak yang hebat pada keseluruhan MMORPG.

Tidak pandang kapan anda mulai bermain, atau pada tingkat kecepatan anda leveling atau questing, pada saat kamu sampai ke satu dari kota yang banyak di RoM, kamu akan disambut oleh sebuah komunitas kecil, dan memberi kesan kepada pemain-pemain bahwa dunia ini benar-benar penuh dengan kehidupan dan keseruan.

  • NPCs diantara kita
Banyaknya jumlah NPC (Non-Playable Character), bersama dengan suara-suara orang (suara keramaian yang menyambutmu di kebanyakan kota) memperkuat rasa bahwa dunia RoM sangatlah besar. Semuanya menyatu dengan alur cerita yang dipimpin oleh quests, tempat-tempat crafting, dan fasilitas pemain lainnya.

Quests juga terbuat dari pusat-pusat ini. Tidak ada quest yang akan menyuruhmu untuk membunuh 10 babi liar ditengah entah-dimana yang sama sekali tidak merugikan atau melukai siapapun. Quests, seperti yang sudah saya bilang, membawa sebuah cerita. Ada banyak logika, alasan-alasan yang masuk akal, dan tujuan untuk cara quest tersebut berkerja dan berinteraksi dengan NPC yang tersangkut.

Membuat Standar Peralatan MMORPG lebih Bersahabat

Ketika saya mulai bermain World of Warcraft, saya menyukainya dan takjup dengan apa yang ditawarkan, namun banyak gangguan-gangguan kecil yang menusuk saya beberapa kali pada setiap sesi bermain. Saya pun akhirnya sampai pada titik dimana frustrasi saya rasanya ingin meledak.

RoM menggunakan window-window yang mirip, dan juga alat-alat in-game (seperti MMORPG lainnya), tapi saya merasa frustrasi saya berkurang secara signifikan karena RoM telah membuat peralatannya jauh lebih bersahabat, dan juga memberi saya banyak pilihan.

Bahkan walaupun saya telah memilih untuk memprioritaskan skill dan spells, di WoW, saya merasa ada semacam paksaan, dan saya tidak suka merasa terpaksa. Bagaimana jika saya bosan dan ingin bergabung dengan teman-teman dalam sebuah party, dan membunuh mobs atau PK? Bisa saja, tapi saya benar-benar tidak bisa. Misalnya, teman-teman saya sering berkata bahwa saya kurang kuat karena saya belum mendapatkan class-specific skills. Itu sama saja artinya seperti "Sono balik dan lakukan quests yang diperlukan (baca: terpaksa) di satu-satunya area mereka ada, dan dengan satu-satunya cara untuk mendapatkannya sebelum kembali untuk party dengan kita".

Saya merasa frustrasi dengan betapa sulitnya untuk melakukan sesuata yang sederhana, seperti mendapatkan skills saya, menemukan NPC tertentu, melacak quests, dll..... Saya segera menyadari bahwa sementara WoW masih adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan untuk saya, game tersebut sangat memaksa. Mereka mempunyai banyak syarat yang bertahap dan mengharuskanmu untuk menyelesaikan banyak tugas dalam cara yang sangat spesifik dan dicakup oleh game tersebut, sebelum bisa mendapatkan items, honor, reputation, quests, dll...
Ada juga beberapa gangguan kecil pada saat sekedar membuka quest window dan window tersebut reset, membuat saya harus scroll ulang demi mencari yang saya inginkan, pilihan penyusunan inventory yang terbatas, dan banyak lagi hal-hal yang bikin darah tinggi.

RoM telah menghilangkan perasaan terpaksa dan pilihan terbatas saya secara general. Saya bisa meningkatkan level skills dan spells saya dimanapun hanya dengan persyaratan TP (Talent Points) yang bisa didapatkan dari membunuh... apapun dimanapun. Selain beberapa quest persyaratan untuk memasuki instances tertentu, tidak ada patokan untuk kapan saya bisa mendapatkan sebuah mount, kapan saya bisa pergi ke area-area tertentu, sejauh apa saya bisa meningkatkan profesi saya, dan banyak lagi.

RoM mempunyai interface World Search keren yang memungkinkan anda untuk mengatur banyak settings menurut pilihan anda. Anda dapat mengaktifkan auto-run, pelacak NPC, nyalakan atau matikan segudang labels; nama pemain, nama mob, health bar mob, nama NPC, pop up tool tip, quest log yang lebih sederhana, dan banyak ubahan-ubahan kecil lainnya yang membuat saya main RoM dengan cara yang sama saya bermain WoW, tapi tanpa gangguan-gangguan yang menyebalkan. Tentu, seseorang bisa saja berdebat bahwa semua ini mengambil tantangan atau skill dari gamenya untuk menyalakan pelacak NPC atau auto-run. Yah, jika mereka memang merasa sedimikian rupa, mereka tidak dipaksa, mereka diberi pilihan untuk mematikan fitur-fitur tersebut untuk menjalankan playing style dia.

Penjualan Merchandise Game [RoM Indo sih belum ada ... Soon kali yah? Hehe]

MMORPG model RMT mana lagi mempunyai merchandise lengkap termasuk poster, gelas, mouse pad, kaos, dan lain-lainnya? Beberapa perusahaan RMT lainnya kadang mempunyai event-event dimana para pemain bisa memenangkan merchandise maca ini pada dasar yang eksklusif, tapi untuk RoM, toko mereka selalu siap dan sedia. Sepertinya berdasarkan fakta bahwa Runewaker telah memulai semua penjualan merchandise ini pada tahap awal hidup RoM menambahkan banyak potensial untuk melihat lebih banyak merchandise semacamnya semakin dewasanya industri MMORPG.

Semuanya Menjadi Bukti

Saya rekomendasi semua orang dari umur atau latar belakang MMORPG apaun untuk mencoba Runes of Magic. Anda tidak akan dikecewakan. Walaupun anda belum pernah memainkan game P2P ala barat, atau belum pernah memainkan game RMT Asia, kamu akan menemukan banyak kesenangan di dalam RoM yang maju atas basis kedua model bisnis MMORPG, dan play style dalam banyak cara.

Perubahan-perubahan kecil yang sebenarnya tidak terlalu kecil, dan membuktikan bahwa para developers benar-benar berpikir matang tentang semua keputusan yang telah mereka buat. RoM mempunyai banyak pengubahan kecil, masing-masing membuat perbedaan yang besar, tetapi juga menunjukkan ketrampilan dan bakat untuk ditempatkan di dalam game yang sama dapat membuat sensasi MMORPG yang paling menyenangkan dan seru sejak awal World of Warcraft. Tapi saya juga tidak hanya sekedar membandingkan, karena RoM bahkan telah melampaui masa-masa itu dengan memberi para pemain banyak pilihan dan kemajuan atas mekanik game yang sekarang telah didirikan. Runewaker sedang menjelajahi dan menantang luas daratan yang belum dieksplorasi dalam cara yang sukses dibandingkan dengan Blizzard.
Memang sangat menyombongkan mengatakan semua ini, tapi dengan menelitikan lebih dekat efek-efek besar yang diakibatkan oleh ubahan-ubahan kecil - seperti langsung bisa mendapatkan sebuah mount - mempunyai potensi yang hebat.

Bisa dibilang bahwa RoM telah membuat sebuah dunia tiada batas dan penuh dengan ubahan-ubahan cerdik, menyenangkan, dan juga menambahkan arti baru ke genre MMORPG. Tapi setiap dari perubahan tersebut seperti sebuah kerikil yang dilempar kedalam danau, menciptakan riak yang menyebar dan membuat semua aspek dari RoM jauh lebih baik.

Sepertinya tidak berlebihan bila saya berkata bahwa RoM telah bersembunyi dibawah radar dan menipu kita smua. Mungkin itulah salah satu kelemahan utaman dalam designnya. Design RoM yang jenius, implementasi, dan kemajuan tidak nampak seperti WoW pada saat-saat pertamanya.
Tapi ini menunjukkan bahwa hal-hal yang baik tidak memerlukan promosi yang berlebihan [Setuju! Toh, Avatar?]. Game ini baru berumu satu tahun dan terus membuka server-server baru pada kecepatan yang sadis.

Akankah RoM menjadi WoW killer? Mungkin tidak. Sepertinya mereka tidak akan pernah bisa menjadi perusahaan sebesar Blizzard. Blizzard telah menjadi pengecualian yang besar untuk peraturan dunia MMORPG. Ada terlalu banyak sejarah dalam Blizzard yang tidak hanya menyangkut kualitas game mereka, tapi juga caranya mereka telah berevolusi sebagai sebuah perusahaan. Namun, saya rasa pemain dan perusahaan seluruh dunia sudah mulai memperhatikan kemajuan RoM, game yang mungkin bisa dikenali sebagai yang paling mantap sejak rilis Blizzard di dalam sejarah MMORPG.

Melihat ke belakang, RoM tidak hanya melakukan apa yang telah dilakukan oleh WoW dalam masa membangun MMORPG terbesar berikutnya, tapi juga pada bagaimana perusahaannya berjalan. Runewaker telah berbuat seperti Blizzard dengan mengambil yang terbaik dari fitur-fitur MMORPG yang sudah ada, menggabungkan mereka, dan menambahkan unsur-unsur unik mereka sendiri. Mereka juga menantang lautan-lautan baru sebagai sebuah perusahaan. Mereka sudah melampaui perusahaan RMT lainnya dalam ukuran tenaga kerja, dan berencana untuk membesarkan RoM lebih lagi seiringnya waktu. Runewaker tidak takut dengan menjadi inovator, untuk berjalan diatas perairan baru demi memajukan MMORPGs masa depan dan membuat model bisnis genre tersebut menggunakan lebih baik.

- Lithie -
Apel (Chronicles), Dragonfang server

Artikel ini adalah terjemahan dari blog post Jeremy S.
Untuk melihat artikel Inggrisnya, silahkan klik disini
Bila ada kesalahan, diharapkan kalian meninggalkan
sebuah comment agar bisa dibetulkan.
Terima kasih, Lithie, atas kontribusinya :)
Read more....